8 Langkah Cara Membuat Pesan Otomatis di WA [WhatsApp]

By

'

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA — WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang sangat terkenal di Indonesia dan di dunia. Dengan ratusan juta pengguna, WhatsApp tak henti-henti nya memberikan update yang menarik perhatian penggunanya.

Namun, saat ini WhatsApp masih belum memiliki fitur untuk membuat dan membalas pesan secara otomatis. Sehingga untuk melakukannya, kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Baca juga: cara mengganti wallpaper whatsapp yang berbeda di masing-masing chat.

Fitur pesan otomatis baru tersedia di WhatsApp Business. Sedangkan WhatsApp versi biasa belum memiliki fitur tersebut. Selagi menunggu pihak WhatsApp membuat fitur pesan otomatis, kamu tetap bisa melakukannya menggunakan aplikasi pendukung lain. Dan kali ini Carapedi akan memberikan tutorial cara membuat pesan otomatis di WA.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA

Ada banyak aplikasi sejenis yang berfungsi untuk membalas pesan secara otomatis. Jika ingin menggunakan aplikasi yang kompleks dengan berbagai opsi jawaban yang mendetail, kamu bisa coba Auto Reply For Whats.

Namun kali ini Carapedi akan menggunakan aplikasi WhatsAuto. WhatsAuto memiliki tampilan yang sederhana, mudah dimengerti, dan mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat pesan otomatis di WA:

  • Pertama-tama, download dulu aplikasi WhatsAuto di Google Play Store, atau melalui link ini.
  • Jika sudah terinstall, masuk ke tab Kontak pada aplikasi, lalu tentukan siapa saja yang akan menerima pesan otomatis darimu.
cara membuat pesan otomatis di wa
  • Pada tutorial kali ini, saya akan mengirim pesan otomatis ke kontak bernama Asep. Berikut adalah penjelasan untuk opsi lainnya:
Semua OrangUntuk mengirim pesan otomatis ke semua orang.
Daftar Kontak SayaUntuk mengirim pesan otomatis ke daftar kontak yang sudah ditambahkan ke aplikasi WhatsAuto.
Kecuali Daftar Kontak SayaUntuk mengirim pesan otomatis ke orang yang belum ditambahkan ke kontak WhatsApp.
Kecuali Daftar Kontak Ponsel SayaUntuk mengirim pesan otomatis ke orang yang belum ditambahkan ke kontak telepon.
  • Tekan tombol tambah (+) untuk menambahkan kontak. Dengan begitu, WhatsAuto akan meminta izin untuk mengakses kontak. Tekan Izinkan.
  • Selanjutnya, masuk ke tab Rumah (seharusnya beranda), lalu buat teks balasan otomatis. Kamu bisa memilih pesan yang sudah ada di bagian bawah, atau bisa juga membuat pesan baru yang lebih spesifik.
cara membuat pesan otomatis di wa
  • Di bawah ini adalah contoh teks yang saya buat. Di dalamnya ada tag {nama}, {tanggal}, {waktu}, dan {pesan}. Teks yang berada di dalam tanda kurung nantinya akan berubah sesuai keadaan.
cara membuat pesan otomatis di wa
  • Terakhir, aktifkan izin untuk mengirim pesan otomatis.
cara membuat pesan otomatis di wa
  • Selesai.

Agar lebih jelas, lihat contoh pesan di bawah ini:

cara membuat pesan otomatis di wa

Selain WhatsApp, WhatsAuto juga mendukung aplikasi Telegram, Instagram, Signal, Messenger, dan lain sebagainya. Untuk mengaturnya, pergi ke tab Menu, lalu tekan opsi Aplikasi yang didukung. Setelah itu, cukup aktifkan tombolnya.

Itulah langkah-langkah cara membuat pesan otomatis di WA. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.