7 Tips Mengatasi Aplikasi Yang Crash Di Android

By

7 Tips Mengatasi Aplikasi Yang Crash Di Android –

Pernahkah kamu mengalami aplikasi yang sedang berjalan di android tiba-tiba keluar sendiri? Jika iya, lantas kenapa hal tersebut bisa terjadi? Mungkin beberapa orang masih belum mengetahuinya. Nah, situasi inilah yang sering di sebut Crash.

Crash atau bisa disebut juga force close adalah keadaan dimana ketika kita menjalankan sebuah aplikasi, tiba-tiba aplikasi tersebut tertutup secara otomatis. Situasi ini kerap di alami oleh beberapa pengguna android. Yang tentu membuat kesal dan tidak nyaman.

Nah, maka dari itu kini Carapedi.id akan memberikan beberapa tips untuk mengatasinya serta penyebab hal tersebut terjadi. Supaya kamu bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan nyaman. Berikut ulasannya, yuk kita simak!

7 Tips Mengatasi Aplikasi Yang Crash Di Android

1. Cocokkan Spesifikasi HP Dan Aplikasi

Tidak semua aplikasi cocok dengan spesifikasi handphone-mu. Ada beberapa aplikasi keluaran terbaru yang memang tidak mendukung jika digunakan di versi handphone yang lama. Sehingga penting untuk kamu mencari tahu terlebih dahulu agar bisa menyesuaikan dengan versi handphone-mu.

2. Lakukan Update Pada Aplikasi

Tidak hanya menyesuaikan spesifikasinya, situasi crash ini juga bisa di sebabkan karena aplikasi tersebut belum di update. Seperti yang sudah diketahui, tujuan para pengembang melakukan peng-update tan adalah untuk memperbaharui fitur aplikasinya dan melakukan penanganan terhadap kesalahan-kesalahan sebelumnya.

Sehingga hal ini penting untuk kamu lakukan agar tidak terjadi lagi aplikasi tiba-tiba berhenti di android-mu yang membuat tidak nyaman.

3. Luangkan Memori Handphone

Tips mudah ketiga yang bisa dilakukan adalah luangkan memori pada handphone mu. Karena hal ini juga berpengaruh pada performa aplikasinya. Terlebih jika banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan dengan tidak di dukung RAM yang besar.

4. Selesaikan Masalah Korup

Handphone yang terjadi corrupt memang menimbulkan banyak dampak buruk. Dan salah satunya adalah aplikasi akan tiba-tiba keluar meskipun belum digunakan. Jadi selesaikanlah terlebih dahulu masalah korup-nya dan untuk menghindari lagi terkena masalah ini ada baiknya untuk gunakan antivirus agar bisa menyelediki virus pada HP.

5. Update Sistem Operasi Handphone

Tidak hanya aplikasi yang harus di update, ternyata perlu juga untuk kamu melakukan up-to-date sistem operasi handphone. Karena sudah hadir banyak sistem operasi baru yang semakin canggih, sehingga para pembuat aplikasi pun merancangnya sesuai dengan versi yang terbaru dari sistem operasi android. Jadi penting kamu untuk melakukan upgrade ya!

6. Stabilkan Jaringan Internet

Jika kamu sedang menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses internet dan tiba-tiba berhenti, kemungkinan ini terjadi karena koneksi internet nya kurang stabil. Terdengar sepele namun sangat berpengaruh pada keberlangsungan aplikasi lho, Jadi untuk mengatasinya siapkan kuota yang cukup ketika menggunakan aplikasi online ya!

7. Pengembangan Aplikasi Sudah Di Hentikan

Penyebab terjadinya crash juga di dasari dengan penghentian perkembangan aplikasi oleh pihak pengembang. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi situasi ini selain mencari aplikasi yang hampir sama atau serupa sebagai alternatifnya.

Dan itulah beberapa penyebab dan tips mengatasi aplikasi yang tiba-tiba berhenti atau crash di handphone android-mu. Pada intinya kita memang harus melakukan up-to-date secara berkala agar tetap mengikuti perkembangannya. Sekian dan Semoga Bermanfaat.