7 Cara Menambah Viewer Youtube Terampuh

7 Cara Menambah Viewer Youtube Terampuh

Mendapatkan banyak viewer merupakan sebuah impian yang diinginkan oleh para Youtuber. Kenapa? Karena dengan banyak viewer dan penonton, penghasilan yang didapat oleh Youtuber tersebut akan semakin besar. Dan tentunya semua orang ingin mendapatkan penghasilan yang besar.

Dan tenang, kali ini kami akan membahas cara untuk menambah viewer Youtube. Pengen tahu caranya? Silahkan di simak sampai beres, ya.

Cara Menambah Viewer Youtube

Berikut adalah beberapa cara untuk menambah viewer youtube yang paling ampuh.

1. Kenali Pengunjung Channel Kamu

Ada banyak sekali pengunjung beragam yang memakai Youtube, dan tentunya pengunjung pada channelmu juga memiliki sifat beragam. Kamu harus tahu pengunjung yang datang ke channelmu ingin menonton konten seperti apa, lalu apa yang mereka tunggu terhadap konten yang kamu upload.

Misalkan channel kamu tentang teknologi review, seperti mereview smartphone, laptop dan sebagainya. Nah kamu harus tahu apakah pengunjung tersebut memang tertarik dengan konten itu? Atau karena konten review kamu menunjukkan ketertarikan karena adegan lucu yang kamu lakukan? Apabila misalkan para pengunjung lebih suka adegan lucunya, maka kamu harus sering menyisipkan adegan lucu pada kontenmu, dan tentunya adegan tersebut wajib beragam, jangan selalu sama karena akan membuat pengunjung dan penontonnya merasa bosan.

Dengan mengetahui minat dan keinginan mereka terhadap channel youtube kamu, dengan begitu mereka akan lebih setia menunggu berbagai konten lainnya dan meningkatkan ketertarikan mereka terhadap konten yang kamu upload.

2. Memperhatikan Tren

Kedua yaitu kamu perlu memperhatikan tren yang sedang ramai saat ini. Karena tren di youtube selalu berubah-ubah, baik di seluruh dunia ataupun di indonesia itu sendiri. Seperti misalnya bulan lalu sedang tren konten kuliner mukbang. Dan kemudian saat ini konten kuliner mukbang sudah surut dan menyebabkan berbagai channel menjadi sepi. Oleh karena itu kamu harus tetap mengikuti tren yang sedang ramai saat ini.

Untuk mengetahui tren yang sedang update, kamu bisa mengecek pada Google Trends, merupakan salah satu situs informasi tren masa kin di seluruh dunia.

3. Gunakanlah Judul yang Menarik Perhatian

Tips ketiga yaitu gunakanlah judul yang menarik perhatian penonton. Jangan sampai judul yang kamu gunakan tidak terstruktur. Misalkan ketika kamu sedang mencari informasi di youtube dan ada dua pilihan.
"241093001 Geometri Analitik Otodidak" dan "Belajar Materi Geometri Analitik dengan mudah secara Otodidak". Pasti kamu akan cenderung memilih judul yang kedua. Karena judulnya lebih menarik dan tentu biasanya apabila ada judul yang kurang enak dibaca, biasanya isi kontennya cukup membosankan. Oleh karena itu kamu perlu membuat judul konten yang menarik agar banyak pengunjung yang mengklik video kamu.

4. Pasanglah Metadata Video yang Populer

Agar video kamu muncul secara relevan, kamu perlu memasang metadata pada judul, deskripsi dan isi videonya dengan keyword yang benar. Dengan begitu apabila seseorang sedang mencari sesuatu, konten kamu akan ikut muncul pada pencarian.

Contohnya apabila ada seseorang yang ingin tahu cara mempromosikan barang melalui google ads, maka kamu perlu menambahkan target keyword yang banyak seperti "google ads", "cara menggunakan google ads", "tutorial google ads", "tips google ads", dan lain sebagainya.

Dengan menambahkan banyak keyword pada video konten kamu, maka pada pencarian akan muncul dan bahkan apabila konten kamu menarik, bisa muncul pada pencarian pertama.

5. Manfaatkan Fitur Cards dan End Screens

Fitur Cards dan End Screens merupakan fitur yang disediakan oleh Youtube untuk mempromosikan video lain yang ada pada channel kamu.

Misalkan saat seseorang sedang menonton video di youtube, pada bagian akhir video akan muncul beberapa kotak screen yang muncul dengan konten yang beragam dari channel yang sama. Itu salah satu fungsi untuk mempromosikan konten lain yang ada pada channelmu agar penonton tertarik untuk membukanya.

6. Gunakan Thumbnail yang Menarik

Tips ini sudah pasti kamu wajib mengikutinya. Karena mayoritas orang-orang akan mengunjungi video konten ketika thumbnail yang muncul pada pencarian akan menjadi pilihan pertama karena cukup menggoda untuk diklik.

Sebab pada thumbnail, penonton bisa tahu apa yang akan mereka dapatkan pada videonya. Oleh karena itu kamu perlu membuat thumbnail yang sangat menarik dan sesuai dengan konten agar penonton lebih tertarik untuk mengklik konten kamu

7. Berkolaborasi dengan Channel Lain

Ini salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan viewers. Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan channel lain yang satu tema denganmu agar bisa sejalan. Dengan begini kamu bisa melakukan tukar viewers dengan membuat konten untuk channel yang mau kolaborasi dan channel kamu sendiri. Dan pastikan juga kamu harus memilih partner kolaborasi yang benar. Dan jangan membuat kolaborasi dengan channel besar, karena kamu pasti akan dimintai bayaran atas kolaborasimu. Jadi kamu perlu kolaborasi dengan orang-orang yang setara denganmu agar tidak dimintai bayaran.

Yah, mungkin segitu dulu artikel kali ini. Ada 7 cara menambah viewer youtube yang bisa kami tulis kali ini. Semoga ketujuh cara ini bisa membuat konten viewer kamu semakin berkembang.