7 Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak Hanya 1-2 Menit

7 Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak Hanya 1-2 Menit

Cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak sebenarnya sangat mudah. Jika kamu sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, kamu juga pasti bisa memperbaiki flashdisk OTG dengan mudah. Karena caranya yang cuma gitu-gitu doang aja sih.

Flashdisk OTG atau Flashdisk On The Go merupakan jenis Flashdisk multifungsi yang memungkinkan perangkat USB seperti android, IOS ataupun lainnya bisa dipasang padanya dengan mudah.

Masalahnya, saat kita gunakan pada perangkat ponsel android ataupun lainnya, kadang USB OTG sering mengalami masalah. Seperti Flashdisk tidak terbaca, Flashdisk terbaca tapi datanya tidak muncul dan masih banyak keluhan lainnya.

Masalah ini lebih sering dialami ketika dipasang pada perangkat ponsel pintar seperti android ataupun IOS. Lantas bagaimana cara mengatasi flashdisk OTG yang rusak?

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak

Di artikel ini saya akan coba jelaskan beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki Flashdisk OTG dengan mudah. Kamu mungkin bisa menggunakan salah satu cara dari beberapa cara yang saya tulis ini.

Adapun beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki Flashdisk OTG, di antaranya yaitu:

Cara ke 1: Cek Kabel USB OTG

Kita mulai dengan mengecek kabel USB OTG terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kabel USB baik-baik saja. Cara ini paling mudah digunakan untuk memastikan USB OTG yang kamu miliki.

Cara ini dapat memastikan bahwa USB OTG kamu baik-baik saja. Sehingga kamu bisa memastikan dengan apakah Flashdisk OTG kamu rusak atau tidak. Jika di ponsel alin bagus, tentu Flashdisk OTG kamu baik2 saja.

Baca juga: Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Cara ke 2: Cek Flashdisk di Komputer

Selain di ponsel, kamu juga bisa cek Flashdisk OTG kamu dengan menggunakan perangkat komputer (PC). Cara ini juga sama seperti dengan menggunakan cara pertama. Hanya beda jenis perangkat yang kamu gunakan.

Dengan cara ini, kamu bisa tahu kondisi Flashdisk OTG yang kamu miliki apakah bermasalah ataukah baik-baik saja.

Cara ke 3: Restart HP atau Komputer

Dalam kondisi tertentu, ponsel ataupun komputer sering kali mengalami eror pada sistem mereka. Sehingga bisa jadi kemungkinan ada kesalahan pada saat membaca USB OTG yang kamu koneksikan ke komputer ataupun ke ponsel yang kamu gunakan.

Jika masalahnya teratasi dengan baik, maka Flashdisk OTG kamu akan dapat terhubung ke ponsel ataupun PC yang kamu gunakan. Tapi jika tidak, kamu gunakan cara lainnya.

Cara ke 4: Instal Ulang Driver USB

Salah satu faktor kenapa Flashdisk OTG kamu bisa rusak, mungkin karena driver Flashdisk tersebut mengalami kerusakan pada sistemnya. Jika terjadi semacam ini, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara menginstal ulang driver USB teresbut.

cara memperbaiki flashdisk otg yang rusak

Ilustrasi Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak

Cara ke 4 ini adalah prosedurnya adalah dengan menghapus driver lama dan menginstal driver baru. Pada saat kamu pasang kembali USB flashdisk, itu langsung instal ulang drivernya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus

Cara ke 5: Menggunakan HDD Low Level Format

Cara ke lima ini bisa memperbaiki flashdisk OTG kamu dengan lebih mudah. Adapun langkah-langkah cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak dengan HDD low level format adalah:

Cara ke 6: Menggunakan Write Protected

Cara ke enam ini juga masih dibantu dengan menggunakan tools lain yaitu tools Write Protected. Tools ini akan membantu memperbaiki flashdisk OTG kamu dengan mudah.

Namun untuk dapat menggunakan tools ini, kamu akan membutuhkan aplikasi CMD. Adapun cara menggunakannya adalah:

Cara ke 7: Menggunakan Flashdisk Merek Lain

Kamu juga bisa menggunakan Flashdisk merek lain agar lebih simpel tanpa harus kamu ikuti langkah-langkah cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak ini.

Kamu pilih jenis flashdisk lain yang beda merek dan spesifikasinya. Jangan lupa untuk tes terlebih dahulu sebelum membelinya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Filenya Corrupt

Faktor Penyebab Rusaknya Flashdisk OTG

Rusaknya flashdisk OTG kamu bisa disebabkan oleh banyak hal. Kamu harus paham hal ini agar bisa menentukan cara perbaikan yang tepat. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada flashdisk OTG, yaitu:

Dan masih banyak lagi faktor lain yang bisa menyebabkan rusaknya Flashdisk OTG kamu. namun apa pun itu faktor penyebabnya, cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak tersebut bisa kamu gunakan salah satu cara di atas.