6 Tips Membeli iPhone Bekas yang Berkualitas

By

'

Tips Membeli iPhone Bekas – Iphone merupakan salah satu smartphone yang kini banyak digemari oleh banyak orang terutama dikalangan remaja. Dengan desainnya yang sangat sederhana tetapi tetap terilhat mewah serta didukung dengan spesifikasinya yang tinggi tidak heran membuat Iphone sangat banyak digemari oleh orang-orang. Namun dibalik itu semua tentu ada harga yang tinggi untuk mendapatkan Iphone.

Bagi kamu yang memiliki budget tipis tapi tetap memiliki Iphone, tidak  perlu khawatir sekarang banyak yang menjual Iphone bekas dipasaran hingga secara olnline dengan harga yang sangat terjangkau. Namun jangan asal membeli, kamu harus teliti dalam membeli Iphone bekas agar mendapatkan kualitas yang masih sangat bagus dan dapat digunakan lebih lama. Kamu tidak mau mendapatkan Iphone bekas dengan kualitas yang jelek kan? Pada kali ini carapedi.id akan berbagi untuk kamu tips membeli iphone bekas yang berkualitas. Mari simak tipsnya dibawah ini.

Tips membeli iPhone bekas

1. Pilihlah iPhone yang masih recomended

tron le FctyNl5YCbs unsplash
Photo by Tron Le on Unsplash

Tips membeli iPhone bekas yang pertama adalah kamu harus perhatikan dan pastikan terlebih dahulu apakah iPhone bekas yang dijual bukanlah varian lama.

Hal ini perlu kamu lakukan karena jika kamu membeli iPhone varian lama, teknologi dan fitur yang terdapat pada iPhone varian lama tentu saja sudah sangat jadul, sehingga jadi sulit untuk menginstal aplikasi yang terbaru. Pilihlah varian iPhone 6 ke atas karena masih recomended untuk kamu beli. Jadi disarankan untuk kamu memperhatikan varian iPhone bekas yang dijual.

2. Belajar Bedakan iPhone FU dan SU

denis cherkashin zgUkIMKeJq4 unsplash
Photo by Denis Cherkashin on Unsplash

Sebelumnya, apa sih FU dan SU itu? iPhone FU (Factory Unlock) adalah iPhone yang tidak di kunci oleh pabrik, jadi bisa menggunakan semua kartu SIM di seluruh dunia.

Nah, kalu Su (Software Unlock) adalah kebalikan nya dari FU. iPhone nya di unlock menggunakan Software oleh pabrik nya dan juga hanya bisa menggunakan satu kartu SIM saja

3. Cari iPhone bekas yang masih bergaransi

Ini salah satu tips membeli iPhone yang harus perhatikan juga. Jika kamu berniat untuk membeli iPhone di e-commerce, carilah iPhone bekas yang masih bergaransi. Untuk garansinya sendiri iPhone hanya menyediakan garansi regional yang berarti garansi tersebut hanya bisa diklaim oleh pengguna dimana negara iPhone tersebut dikeluarkan. Kamu bisa liat pada belakang dus bagian kiri bawah.

4. Cek kesehatan baterai

Kesehatan baterai adalah salah satu hal  yang harus kamu cek ketika membeli iPhone bekas. Terkadang ketika kamu membeli sebuah iPhone bekas biasanya kesehatan baterai sudah berkurang oleh karena itu perlu untuk mengecek kesehatan baterainya terebih dahulu. Jika kamu membeli secara online kamu bisa menanyakan hal tersebut kepada penjual atau biasanya penjual akan menampilkannya pada deskripsi produk. Untuk mengecek kesehatan baterai kamu perlu masuk ke menu  SettingsBattery > Battery Heath, setelah akan tampil angka persentase kesehatan dari baterai. Apabila angkanya masih di sekitar 90% ke atas maka bisa dikatakan kondisi baterai masih cukup bagus. Jadi untuk kamu yang ingin membeli Iphone bekas jangan lupa untuk mengecek kesehatan baterai.

5. Pastikan untuk mengecek IMEI

Setelah dapat barang yang bagus, jangan lupa baca dulu deskripsi produk yang penjualnya tulis dan jangan malu untuk bertanya kepada penjual apabila ada yang kurang jelas perihal iPhone nya. Sebelum deal dengan penjual jangan lupa untuk meminta nomor IMEI iPhone yang akan di beli.

Kamu bisa mengecek IMEI pada situs resmi Apple untuk mengetahui kapan waktu produksi dan masa garansi dari Iphone bekas yang dijual.

6. Cek fitur Activation Lock pada iPhone

frederik lipfert 2yIcl0B1LOw unsplash
Photo by Frederik Lipfert on Unsplash

Tips membeli iPhone bekas berikutnya yang perlu kamu lakuka yaitu mengecek fitur activation lock. Fitur ini berfungsi untuk mencegah orang lain menggunakan perangkat tersebut ketika hilang atau telah dicuri. Fitur activation lock ini akan aktif ketika fitur Find My Iphone telah dihidupkan oleh pengguna. Kamu tidak bisa menonaktifkan fitur ini jika tidak mempunyai Apple Id dari pengguna sebelumnya.

7. Cek iCloud

Ketika kamu ingin membeli iPhone bekas kamu perlu mengecek iCloud. Hal ini perlu kamu lakukan agar mengetahui apakah iCloud dalam kondisi aktif atau tidak , selain itu pastikan iCloud dalam keadaan kosong. Jika masih aktif dan terdapat akun dari pengguna lama, cobalah meminta kepada penjual untuk menonaktifkan dan dan menghapus akun yang masih ada.

Nah itulah beberapa tips membeli iPhone bekas yang bisa kamu gunakan ketika ingin membelinya. Pastikan kamu melakukan tips yang diatas agar mendapatkan iPhone bekas yang berkualitas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.