6 Cara Meningkatkan Kinerja Windows 10

By

Cara Meningkatkan Kinerja Windows 10 – Seringkali windows 10 yang kita gunakan mengalami penurunan performa kinerjanya, tentu hal ini membuat laptop atau komputer manjadi sangat lemot sehingga membuat kita tidak nyaman dan gregetan saat menggunakannya.

Oleh karena kamu perlu mengetahui cara meningkatkan kinerja Windows 10. Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, kali ini carapedi.id akan membahas bagaimana caranya.

Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Salah satu cara meningkatkan kinerja Windows 10 yaitu dengan menguninstall aplikasi yang jarang diperlukan. Jika kamu memiliki berbagai aplikasi yang jarang diperlukan, sebaiknya kamu uninstall saja aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja. Jika kamu terlalu banyak menginstall aplikasi apalagi yang tidak terlalu diperlukan dapat membuat kapasitas penyimpanan pada Drive C kamu menjadi penuh, hal ini bisa membuat hardisk lambat untuk terbaca. Efeknya tentu saja membuat windows mengalami penurunan performa dan menjadi lemot.

Cobalah untuk menguninstall aplikasi yang tidak diperlukan, selain itu sangat disayangkan juga jika penyimpanan laptop ataupun komputer kamu penuh karena kebanyakan aplikasi yang jarang digunakan. Cara ini dapat dengan mudah kamu lakukan untuk meningkatkan windows.

Mengganti Hardisk menjadi SSD

Yap, mengganti Hardisk menjadi SSD salah satu cara meningkatkan kinerja Windows 10 yang bisa kamu lakukan. Menggunakan Hardisk pada laptop atau computer cenderung memiliki kecepatan data yang relative lambat. Oleh karena itu untuk mengatasi kamu bisa menggantinya dengan menggunakan SSD. Kenapa SSD? Karena dengan menggunakan SSD proses booting windows 10 menjadi jauh lebih cepat dan menjadi responsive.

Walaupun harga SSD sendiri memang harus diakui cukup mahal, tetapi dengan menggunakan SSD laptop ataupun computer menjadi tidak lemot seperti sebelumnya.

Menonaktifkan Program Startup Windows 10

Ketika kamu menghidupkan laptop ataupun komputer, beberapa program secara otomatis akan aktif dan berjalan di latar belakang. Program ini jika tidak di nonaktifkan dapat memperlambat kinerja Windows kamu. Semakin banyak program startup yang aktif maka semakin lambat untuk di boot. Untuk mengatasinya kamu perlu menonaktifkan program-program startup yang tidak kamu perlukan agar kinerjanya tetap terjaga. Ikuti caranya dibawah ini.

  1. Klik kanan pada Taskbar, kemudian pilih Taks Manager
  2. Kemudian kamu pilih tab Startup
  3. Kemudian akan tampil daftar program yang dimuat ketika komputer dihidupkan
  4. Perhatikan mana saja program yang menurut kamu tidak diperlukan
  5. Kemudian nonaktifkan dengan cara klik kanan satu kali pada status program lalu klik disabled
startup

Langkah diatas kamu ulangi hingga program yang tidak kamu perlukan dinonaktifkan.

Menambah Kapasitas RAM

Cara meningkatkan kinerja windows 10
Photo by Harrison Broadbent on Unsplash

Salah satu cara menigkatkan kinerja dengan menambahkan kapasitas RAM. Windows 10 sendiri membutuhkan kapasitas RAM minimal sebesar 4 Gigabyte bagi kamu yang memiliki kapasitas RAM 4 Gigabyte , kamu bisa menambahkan kapasitas lebih lagi misalnya menjadi 8 Gigabyte ataupun lebih untuk meningkatkan performa kinerja Windows 10 lebih maksimal lagi.

Mengubah Settingan Power Plan Windows 10

panos sakalakis 35NiG1dYjtM unsplash 1
Photo by Panos Sakalakis on Unsplash

Settingan power plan juga dapat mempengaruhi dari kinerja Windows 10. Untuk menjaga performa kinerjanya tetap optimal sebaiknya kamu tidak menggunakan mode Power Saver, karena ketika dalam mode ini Windows akan menurunkan performa dengan tujuan untuk menurunkan performa.

Oleh karena itu kamu harus mengubah settingan power plan yang benar agar kinerja Windows 10 itu sendiri tetap optimal dan stabil.

Berikut cara mengubahnya :

  1. Buka control panel
  2. Pilih System and Security
  3. Pilih Power options
  4. Klik Change plan settings pada power plan yang sedang aktif
  5. Kemudian klik Change advanced power settings
  6. Lalu kamu bisa pilih antara Balanced atau High performance
  7. Klik OK

Menonaktifkan Efek Animasi Windows 10

Efek animasi pada Windows 10 dapat mempercantik tampilan tetapi menggunakan fitur ini juga dapat memperlambat kinerja. Oleh karena itu untuk menjaga kinerja dari Windows 10 sebaiknya fitur ini kebih baik dinonaktifkan saja.

Berikut cara untuk menonaktifkannya :

  1. Buka Control Panel
  2. Kemudian kamu pilih System
  3. Klik pada Advanced system settings
  4. Lalu pilih tab Advanced
  5. Pada opsi Performance klik Settings
  6. Pada tab Visual Effects klik centang pada Adjust for best performance
  7. Klik OK

Setelah itu semua efek animasi akan dinonaktifkan dan mungkin akan ada perubahan tampilan pada Windows 10 menjadi datar tanpa efek animasi.

Itulah beberapa cara meningkatkan kinerja Windows 10 kamu agar tidak lemot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.