6 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus [Fix]

6 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus [Fix]

Bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang terkena virus? Kamu yang bertanya seperti ini pasti sedang mengalami masalah tersebut. Tidak jarang hal ini membuat kita pusing dibuatnya. Apalagi jika dalam flashdisk tersebut terdapat data penting, seperti skripsi, data rekapan pekerjaan ataupun data lainnya.

Virus dapat merusak file yang ada pada flashdisk bahkan bisa menghilangkannya. Maka dari itu, hal ini harus diwaspadai dengan baik agar data penting dalam flashdisk tidak hilang.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus

Memperbaiki Flashdisk yang terkena virus bisa dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa cara. Setidaknya ada 5 cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasinya, yaitu:

Cara ke 1: Scan Menggunakan Smadav

Smadav adalah antivirus buatan Indonesia yang cukup bagus digunakan untuk mengatasi Flashdisk yang kena virus.

Cara ke 2: Hapus Shortcurt Virus dengan CMD

Flashdisk yang terkena virus, kadang filenya menjadi shortcurt. Kamu bisa hapus file itu dengan menggunakan CMD.

Harusnya file shortcut di Flashdisk sudah hilang. Silahkan kamu buka Flashdisk kamu dan pastikan virusnya juga hilang.

Cara ke 3: Menggunakan Software

Cara memperbaiki flashdisk yang terkena virus juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan software. Salah satu software yang dapat kamu gunakan yaitu softwre removal tool.

Software ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer.

Cara ini bisa lebih work jika kamu sudah tahu jenis virus yang ada pada flashdisk kamu tersebut. Prosesnya bisa lebih cepat.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak

Cara ke 4: Menggunakan Antivirus Portabel

Antivirus portabel adalah jenis antivirus yang bisa kamu download di internet tanpa kamu pasang ke komputer tapi bisa digunakan untuk scanning virus dengan mudah.

Cara ini dapat meminimalisir virus yang nempel pada perangkat komputer atau pada antivirus yang digunakan untuk proses scanning. Adapun cara menggunakan antivirus portabel untuk memperbaiki flashdisk yang terkena virus, adalah sebagai berikut:

Aplikasi anti virus ini bisa kamu download di berbagai situs download yang ada di internet. Namun pastikan proses download berlangsung baik. Kamu gunakan jaringan ponsel jangan WIFI umum.

Baca Juga: Cara Mengatasi Flashdiks yang Minta Format

Cara ke 5: Format Flashdisk

Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengembalikan Flashdisk kamu seperti semua. Namun resikonya, kamu akan kehilangan semua data yang ada dalam Flashdisk kamu tersebut.

Cara ini bisa kamu gunakan jika memang tidak ada lagi pilihan lain yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki Flashdisk yang terkena virus.

Cara ke 6: Hapus Manual

Jika Flashdisk kamu masih bisa dibuka secara normal tanpa minta di format, maka kamu bisa lakukan penghapusan pada file yang terkena virus. Kamu bisa tahu file yang terkena virus ini dengan cara melihat bentuk filenya.

Biasanya file yang terkena virus ini akan breubah menjadi shortcut. Nah kamu hapus saja file shortcut di Flashdisk tersebut.

Ini merupakan salah satu cara memperbaiki flashdisk yang terkena virus paling mudah yang dapat kamu gunakan. Dengan cara ini, kamu bisa memperbaiki flashdisk dengan mudah tanpa antivirus.

Tapi kamu harus tahu jenis file yang terkena virusnya. Selain itu, kadang juga virus masih tetap ada dan masih bersembunyi di file lain yang tidak kita temukan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Filenya Corrupt

Cara Mengembalikan File di Flashdisk yang Terkena Virus

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus

Jika setelah terkena virus, apakah file bisa dikembalikan? Bisa. Ada beberapa cara yang juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terkena virus.

Kamu bisa menggunakan software ataupun tanpa menggunakan software. Adapun beberapa cara yang sering saya gunakan, diantaranya yaitu:

Cara ke 1: Melalui Menu Show Hiden

Kadang file di Flashdisk kamu di sembunyikan oleh virus di sistem komputer yang akmu gunakan. Kamu bisa atasi hal ini dengan cara membuka fitur hiden di Windows explorer komputer yang kamu gunakan. Caranya seperti ini:

Cara ini kadang tidka dapat bekerja dengan baik. Kadang file yang terkena virus tidak dapat kembali lagi.

Cara ke 2: Menggunakan Command Prompt

Selain menggunakan menu hiden, kamu juga bisa mengembalikan file yang terkena virus bisa kamu lakuan dengan menggunakan command prompt. Cara ini juga terbilang lebih mudah lho. Kamu bisa melakukannya dengan cara berikut:

File yang terkena virus dan di hiden oleh virus akan muncul kembali. Dengan demikian kamu bisa menggunakan kembali file tersebut.

Nah itulah proses dan langkah-langkah cara memperbaiki flashdisk yang terkena virus dengan menggunakan berbagai cara. Mulai dari menggunakan aplikasi dan antivirus hingga tanpa menggunakan anti virus.

Selain itu, kamu juga bisa kembalikan file yang di hiden virus dengan menggunakan 2 cara di atas.