6 Cara Memasang Router Wifi dengan Mudah di Rumah

By

'

Sebelum memasang router wifi, tentu saja kalian perlu membeli perangkatnya terlebih dahulu dan memiliki ISP langganan agar router wifi yang telah dibeli dapat terhubung pada koneksi internet. ISP Indonesia yang direkomendasikan bisa memakai CBN, MNC Play, Firstmedia, Indihome, dan sebagainya. Dan untuk membeli router wifinya, kalian bisa memilih router wifi dengan brand yang sudah terkenal sejak dulu, seperti D-Link, TP-Link, Xiaomi, TotoLink, dan brand lainnya. Setelah itu, kalian bisa ikuti langkah yang akan disampaikan di sini cara memasang router wifi dengan mudah.

Setelah membeli Router Wifi yang kamu pilih, sudah saatnya untuk memasang dan menyetelnya. Bagi kamu yang baru pertama kali memasang router Wifi, di bawah ini ada langkah-langkah memasang router wifi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Mungkin akan ada beberapa sedikit perbedaan tergantung pada model dan brand router yang dibeli. Namun secara umumnya, fungsi dan fitur pada setiap router sama, yang membedakan hanyalah banyaknya fitur yang disediakan tergantung harga pada router tersebut.

Langkah-langkah Memasang Router Wifi di Rumah

1. Menyalakan dan menghubungkan modem ke Router

Coba hubungkan router dengan mencolokan kabel daya pada stop-kontak terdekat. kemudian hidupkan routernya dengan menekan tombol ON.

Setelah itu sambungkan modem dengan router menggunakan kabel LAN. Sesuaikan panjang kabel LAN yang dipasang tergantung jauhnya jarak antara modem dan router. Modem yang dimaksud adalah ISP yang sudah kamu berlangganan seperti CBN, dan lain sebagainya. Pastikan colokan pada kabel LAN di modem menyolok pada bagian LAN Port dan colokan di router menyolok pada WAN Port.

2. Menghubungkan Perangkat Komputer/HP ke Router

Setelah menyambungkan LAN tadi, kamu tinggal koneksikan router ke komputer/smartphone kamu. Apabila menghubungkannya via Wifi, bisa kalian lihat detail nama wifi dan passwordnya ada pada bagian bawah router. Dan apabila ingin menghubungkan router ke komputer dengan kabel LAN, sama halnya seperti modem ke router, pada bagian router kamu colokan kabel LAN di bagian LAN Port dan selanjutnya colokan ujung LAN satunya lagi ke komputer.

3. Membuka menu admin router dan log in

Setelah terhubung ke perangkat Komputer/Hp, selanjutnya membuka menu admin router. Kamu bisa membukanya via browser yang ada pada perangkat yang dipakai. Misalkan pada komputer, bisa buka chrome dan ketik web menu admin http://192.168.1.1 atau http://192.168.0.1 tergantung pada brand yang dipilih. Dan apabila menggunakan perangkat huawei, bisa kalian coba juga masuk ke menu admin http://192.168.8.1. Setelah masuk ke menu admin, data login bawaan biasanya menggunakan username dan password admin.

4. Masukkan data dan informasi seputar koneksi internet yang dipakai

Agar dapat terhubung dengan koneksi internet, kamu perlu memasukkan konfiguras dan informasi router yang digunakan pada modem jaringan tersebut. Misalkan apabila menggunakan DSL Internet, maka kamu perlu memasukkan username dan password PPoE pada routernya. Dan apabila menggunakan IP Statis, kamu bisa pilih opsi otomatis jaringan statis pada router agar mengkonfigurasi sendiri.

5. memperbarui alamat MAC Router

Beberapa ISP mungkin mengotentikasikan pelanggan mereka dengan alamat MAC agar dapat terhubung internet. Kamu dapat mengkonfigurasikan MAC melalui menu admin router dan untuk panduannya bisa cek pada buku panduan router yang kamu beli tersebut.

6. Disarankan mengubah nama jaringan (SSID)

Router baru biasanya otomatis memakai nama jaringan (SSID) sesuai tipe nama routernya. Demi keamanan yang lebih baik, kamu perlu mengubah nama jaringan (SSID) agar tidak ada yang bisa login pada wifi/internet yang kamu miliki selain keluarga kamu.

Setelah semua yang dilakukan, router kamu sudah terkoneksi internet dan bisa langsung dipakai. Demikianlah 6 cara memasang router wifi dengan mudah di rumah. Dan pastikan juga kamu menyimpan/memasang router wifi berada pada tempat yang aman dan jauhi dari hal-hal yang dapat merusak router, seperti air dan jangkauan anak-anak.