6 Cara Melihat Kecepatan Wifi di Android

By

'

Kebutuhan untuk tetap terhubung pada jaringan berbeda-beda, beberapa orang mungkin sangat bergantung pada jaringan untuk melakukan aktivitasnya. Pada sisi lain, tingkat kecepatan juga berpengaruh kepada kinerja seseorang dan produktivitas yang dimiliki. Nah, untuk mengetahuinya, terdapat beberapa cara melihat kecepatan Wifi di Android dengan mudah.

Pengguna juga dapat memanfaatkan cara ini dengan menyesuaikan tempat Wifi apabila dirasa kecepatan jaringan yang dimiliki masih kurang. Beberapa cara dapat dilakukan dengan mudah dan sangat cocok digunakan di Android. Jadi, simak penjelasan berikut mengenai cara melihat kecepatan Wifi di Android yang mudah dilakukan, antara lain sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Indikator Kecepatan Jaringan

Cara termudah untuk mengetahui kecepatan jaringan yang terhubung adalah dengan melihat kecepatan atau angka yang muncul di samping bar sinyal. Akan tetapi, beberapa smartphone mungkin tidak memiliki atau tidak memunculkan status ini secara otomatis dan perlu diatur. Nah, dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah melihat kecepatan jaringan.

Caranya sangat mudah, pengguna hanya harus mengunjungi pengaturan pada smartphone atau setting jika berbahasa Inggris. Pilih Kustomisasi, kunjungi pilihan indikator jaringan, lalu klik status bar dan lalu lintas data. Setelah melakukan pengaturan tersebut akan muncul kecepatan jaringan dalam KBPS atau MBPS yang apabila semakin tinggi akan semakin baik.

2. Uji Kecepatan Melalui Speed Test

Sebenarnya Speed Test merupakan sebuah halaman yang dapat dikunjungi di Google untuk mengukur tingkat kecepatan tes jaringan Wifi. Web ini sangat mudah dikunjungi dan digunakan karena hanya perlu untuk mempersiapkan jaringan yang terhubung Wifi. Kemudian mengunjungi situs speedtest.com dan secara otomatis akan melakukan pengecekan.

3. Mengecek Kecepatan Jaringan dengan Ookla Speedtest

Cara melihat kecepatan Wifi di Android selanjutnya adalah melalui web atau laman seperti cara sebelumnya yang dapat diakses secara mudah dan cepat melalui Android. Pengguna dapat dengan mudah mengunjungi Ookla speedtest di kolom pencarian Google. Kemudian mengunjungi web tersebut, menggunakannya secara gratis, dan tunggu hingga hasil tes muncul.

4. Aplikasi Meteor: Speed Test for 3G, 4G, 5G Internet & Wifi

Meteor merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan jaringan Wifi yang sedang terhubung atau digunakan. Tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan memiliki beragam fitur yang tersedia. Contoh fiturnya seperti melakukan pada tes jaringan, mengetahui tempat dengan sinyal yang bagus yang diletakkan di map, dan sebagainya.

5. Speed test 3G, 4G, 5G, Wifi & network coverage map

Aplikasi ini dibuat oleh nPerf.com yang telah telah memiliki riwayat unduhan sebanyak 1 juta kali. Pengguna dapat mencari aplikasi ini dengan mengetikkan nPerf speedtest, klik search, jika tertarik pengguna dapat mengunduhnya secara gratis. Akan tetapi, terdapat beberapa fitur istimewa yang memerlukan pembayaran untuk dapat menggunakannya.

6. Memanfaatkan Tes Kecepatan Sesuai Wifi yang Digunakan

Beberapa merek Wifi memiliki perangkat, aplikasi, atau web tertentu untuk dapat melihat kecepatan atau sisa kuota yang digunakan. Misalnya seperti Wifi portable dengan nama XLGO yang mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi XLink. Tujuannya agar untuk memudahkan pengguna untuk melihat kecepatan jaringan, sisa kuota, SMS yang masuk, dan sebagainya.

Setelah mengetahui, pengguna dapat memilih dan menyesuaikan pilihan yang dapat digunakan sebagai cara melihat kecepatan Wifi di Android dengan mudah. Pastikan bahwa Wifi yang digunakan sesuai dan dapat dicek melalui cara yang disarankan dan dipilih sebelumnya. Semoga cara-cara yang disampaikan dapat bermanfaat dan berguna untuk mengetahui kecepatan jaringan.