5 Tips Rawat Baterai Tanam Agar Tetap Awet

By

'

5 Tips Rawat Baterai Tanam Agar Tetap Awet

Sering berkembangnya kecanggihan teknologi, tidak lepas juga dengan dunia ponsel genggam. Pasalnya kini sudah banyak hadir berbagai smartphone dengan desain dan fitur yang menarik. Desain tipis dan ramping lebih di banyak disukai karena ringan di bawa.

Untuk menunjang ketertarikan minat para pelanggan, maka banyak muncul jenis smarthphone dengan baterai tanam. Ini dimaksudkan agar bisa menghasilkan HP dengan desain yang tipis dan ramping. Penggunaan baterai tanam di nilai lebih efisien karena akan membuat beratnya lebih ringan.

Namun tak selalu berujung baik, baterai tanam juga memiliki kekurangan. Diantaranya perawatan yang harus baik, apabila rusak tidak bisa di ganti seenaknya dan beberapa lainnya. Nah, agar penggunaan baterai tanam ini tetap awet Carapedi akan memberikan kiat-kiat perawatannya. Mari kita simak.

5 Tips Rawat Baterai Tanam Agar Tetap Awet

1. Jangan Isi Ulang Daya Secara Berlebihan

5-tips-rawat-baterai-tanam-agar-tetap-awet
Source : Unsplash

Masih sering menjadi kebiasaan hampir semua kalangan, melakukan isi ulang daya ponsel terlalu berlebihan. Hal ini kerap dilakukan dengan men-charger HP sambil di tinggal tidur semalaman.

Meskipun nantinya baterai akan terisi penuh, tapi hal tersebut juga tidak baik dilakukan. Beberapa kejadian terjadi, baterai tanam akan mengalami penggembungan dan menyebabkan kerusakan bahkan meledak. Jadi lebih baik untuk hentikan pengisian daya di angka 80% – 90%.

2. Jangan Biarkan Baterai Sampai Habis Total

5-tips-rawat-baterai-tanam-agar-tetap-awet
Source : Unsplash

Tidak boleh di isi ulang daya terlalu penuh, tidak boleh pula digunakan sampai benar-benar habis. Tapi nyatanya masih banyak yang menganggap hal ini sepele. Padahal konsumsi normal baterai adalah ketika sudah di angka 30% maka harus segera dilakukan charger.

Hal ini bertujuan agar baterai tidak mengalami drop yang berujung kerusakan. Serta sebagai kiat agar kondisinya tetap normal dan awet.

3. Gunakanlah Charger Asli

5-tips-rawat-baterai-tanam-agar-tetap-awet
Source : Unsplash

Tak selalu dari keseluruhan komponen smartphone, komponen pendukung untuk melakukan isi ulang daya pun berpengaruh. Seperti pada charger yang digunakan. Untuk membuat awet baterai tanam, sebisa mungkin gunakan charger yang asli.

Setiap HP memang sudah memiliki charger bawaan sesuai merk nya masing-masing. Karena setiap perangkat sudah di desain sesuai dengan konsumsi kebutuhan dayanya. Maka di sarankan gunakan charger original supaya selaras.

4. Jangan Gunakan HP Ketika Mulai Panas

5-tips-rawat-baterai-tanam-agar-tetap-awet
Source : Unsplash

Tips agar baterai tanam tetap awet lainnya adalah, jangan gunakan HP ketika kondinya mulai panas. Munculnya suhu panas pada smartphone, biasanya di akibatkan oleh penggunaan banyak aplikasi berlebihan seperti game.

Suhu yang terus-terusan panas tentu tidak baik jika di biarkan, nantinya baterai akan bekerja ekstra sehingga jadilah kerusakan. Jadi apabila sudah di rasa panas, sebaiknya hentikan penggunaan smartphone ini ya!

5. Jangan Isi Daya Baterai Melalui Penyedia Arus Listrik Portable

5-tips-rawat-baterai-tanam-agar-tetap-awet
Source : Unsplash

Yang terakhir, janganlah kamu biasakan mengisi daya baterai melalui penyedia arus listrik portable. Seperti charger di mobil, motor atau mungkin power bank. Jika memang masih bisa menjangkau arus listrik asli dari PLN.

Walaupun terkesan lebih efisien, tapi di samping itu ternyata menyebabkan dampak buruk bagi umur baterai tanam. Jadi sebisa mungkin manfaatkan arus listrik PLN terlebih dulu dan gunakan power bank ketika keadaan darurat saja.

Demikianlah beberapa tips yang bisa admin berikan untuk melakukan perawatan terhadap baterai tanam smartphone. Jika ingin umur baterai tetap awet, ikuti tips-tips berikut ya! Semoga Bermanfaat.