Ketahui 5 Tips Atasi Smartphone Sering Restart Sendiri

By

'

5 Tips Atasi Smartphone Sering Restart Sendiri –

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana smartphone yang dipakai sering restart sendiri? atau tiba-tiba mati dan menyala lagi tanpa diketahui apa penyebabnya.

Kejadian tersebut nampaknya tidak hanya di alami oleh salah satu merk smartphone, tapi juga hampir semua merk. Mulai dari Samsung, Vivo, Asus, Oppo dan lain sebagainya.

Hal tersebut kadang bikin kesal juga, apalagi jika kita sedang mengerjakan sesuatu. Lantas secara tiba-tiba smartphone itu mati lalu menyala kembali dan harus mengulang pekerjaan tersebut dari awal. Sungguh ini sangat mengganggu ya!

Sebelum ke cara untuk mengatasi, ada baiknya kamu pahami dulu apa penyebab dari kejadian tersebut. Kali ini Carapedi sudah merangkum dengan lengkap mengenai penyebab dan cara atasi smartphone yang sering restart sendiri. Simak dengan baik ulasannya!

Penyebab Smartphone Sering Restart Sendiri

  • Pemakaian smartphone secara berlebihan.
  • Banyak file sampah yang menumpuk.
  • Sistem operasi error, karena smartphone telah di root.
  • Ada kerusakan pada salah satu aplikasi.
  • Terdapat virus malware.

Poin-poin tersebut menjadi penyebab terjadinya smartphone sering mati mendadak. Setelah kamu kenali sebabnya, alangkah baik ikuti juga cara untuk mengatasinya berikut ini :

Cara Mengatasi Smartphone Sering Restart Sendiri

5-tips-atasi-smartphone-sering-restart-sendiri
Source : Unsplash

1. Gunakan Smartphone Secara Tidak Berlebihan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, pemakaian smartphone secara berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya restart mendadak. Maka di sarankan agar gunakan seperlunya dengan batasan waktu.

Karena tak hanya manusia yang harus istirahat, tapi smartphone pun perlu istirahat.

2. Bersihkan Sampah Atau Cache Yang Menumpuk

Umumnya ketika banyak aplikasi yang digunakan, maka akan banyak pula file cache yang tersimpan. Tentu hal tersebut akan membuat penuhnya penyimpanan di smartphone.

Dan selain membuat ponsel terasa sesak, dampak lainnya adalah akan mengalami kejadian mati secara tiba-tiba. Meskipun beberapa kejadian akan menyala kembali secara otomatis, tapi tetap saja ini sangat mengganggu.

3. Unroot Pada Smartphone

Bagi kalian yang pernah melakukan root pada smartphone, lalu sering mengalami restart mendadak, alangkah baiknya segera lakukan unroot. Karena hal tersebut terjadi bisa saja di akibatkan oleh adanya sistem yang salah karena aktivitas root tadi.

Jadi di sarankan untuk kembalikan smartphone kepada pengaturan asalnya yang normal.

4. Hapus Aplikasi Yang Berat

Utamanya game, biasanya menjadi aplikasi yang tergolong berat. Jelas hal tersebut akan membuat sistem bekerja ekstra dan mengalami kelelahan. Terutama aplikasi yang memang tidak kompatibel dengan sistem yang di dukung oleh smartphone.

Segeralah untuk mencopot aplikasi tersebut dan lebih teliti lagi untuk menginstall aplikasi yang memang mendukung untuk perangkat smartphone-mu.

Baca Juga : Jangan Salah Beli, Ketahui 3 Cara Bedakan Tempered Glass Asli Dan Palsu

5. Lakukan Reset

Tips yang terakhir bisa di bilang adalah cara yang paling pasrah. Karena dengan melakukan factory reset, maka semua file yang tersimpan di dalamnya akan hilang. Sistem smartphone akan di kembalikan ke seperti semua atau pada setelan pabrik.

Jadi, jika ingin melakukan cara ini. Cobalah untuk back-up terlebih dahulu dokumen-dokumen penting di dalamnya agar tidak terjadi kehilangan.

Itulah artikel mengenai beberapa penyebab dan tips untuk mengatasi permasalahan smartphone yang sering mati dan nyala sendiri. Usahakan kenali dulu penyebabnya, barulah untuk lakukan tips mengatasinya. Semoga Bermanfaat!