5 Penyebab dan Solusi Download Tertunda di Playstore

By

Penyebab dan solusi download tertunda di playstore – Biasanya sering terjadi ketika pertama menggunakan HP atau mungkin disebabkan pengaruh lain. Sebelum kamu mengatakan error pada playstore ketika download aplikasi kamu tertunda, kamu perlu tahu dulu apa penyebabnya. ketika kamu sudah tahu penyebabnya, kamu bisa melakukan sebuah solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab dan solusinya.

Penyebab dan Solusi Download Tertunda di Playstore

Playstore merupakan market atau toko berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Hampir keseluruhan aplikasi ada di sana, baik itu berbayar atau pun gratis. Tetapi sering kali ada keluhan dan beberapa kesalahan pada playstore. Salah satunya adalah ketika mendownload aplikasi namun tertunda. Untuk mengantisipasi hal itu, berikut ada 5 penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

1. Sedang Menginstall Aplikasi Lain

Masalah ini mungkin sering kali terjadi ketika HP anda baru saja memakai wifi. Biasanya playstore memiliki fungsi auto download/update aplikasi ke versi terbaru. Oleh karena itu, ketika kamu mau mengunduh aplikasi di playstore, suka ada notifikasi “Download Tertunda“.

Jadi solusi untuk mengatasi hal itu, kamu perlu masuk ke halaman Aplikasi & Game saya kemudian cancel semua aplikasi yang sedang mengunduh otomatis. Lalu agar tidak terjadi hal seperti ini lagi, kamu masuk ke pengaturan/setelan Playstore > Umum > Update otomatis aplikasi dan pilih Jangan update otomatis aplikasi. Dengan begitu, playstore akan berhenti mengunduh otomatis aplikasi update yang ada pada HP anda.

2. Mengunduh Aplikasi dengan Data Seluler namun Pengaturan Unduhan Playstore di setting ke Wifi Only

Masalah kedua ini mungkin kadang terjadi, tapi ada saja yang mengalami hal ini. Penyebab utama yaitu kecerobohan pengguna yang asal setting saja tanpa tahu fungsi-fungsi dari setelan yang dipilih sebelumnya. Cara mengatasinya sangat mudah. Kalian cukup mengubahnya lagi di setelah playstore. Yaitu dengan cara masuk ke Setelan > Umum > Preferensi download aplikasi dan pilih Melalui jaringan apa pun. Dan selesai, kamu sudah bisa mengunduh aplikasi dengan jaringan apa pun, baik itu data seluler maupun dengan wifi.

3. Kecepatan Internet Rendah

Masalah yang ketiga, yakni kecepatan internet rendah. Kemungkinan internet pada data seluler atau wifi yang sedang kamu gunakan cukup lambat internetnya. Dengan begitu, playstore jadi kesulitan untuk mengunduh aplikasinya. Atau mungkin kamu sedang melakukan unduhan pada aplikasi lain, seperti mengunduh video dan sebagainya. lalu kamu sekaligus melakukan unduhan di playstore juga. Solusinya yaitu kamu cukup mengganti koneksinya dengan internet yang lebih cepat. Atau jika kamu melakukan unduhan banyak, fokuskan dulu pada satu unduhan agar bisa berjalan dengan normal.

4. Terlalu Banyak Cache dan Memori Internal Penuh

Untuk masalah yang keempat, biasanya terjadi pada orang yang malas bersih-bersih file. Terutama file cache. Oleh karena itu, pada memori internal pun akan penuh, padahal aplikasi yang dipasang sedikit dan tidak menyimpan banyak file. Cara mengatasi hal ini, kamu perlu menghapus seluruh file cache nya. Caranya yaitu dengan menggunakan CCleaner atau Manajemen Aplikasi yang memiliki fitur Clear Cache. Untuk HP keluaran terbaru, pasti sudah ada aplikasi seperti itu, jadi kalian tidak perlu menggunakan CCleaner lagi. Setelah selesai menghapus file cache, kalian coba lagi unduh aplikasi di Playstore. Pasti akan bisa mengunduh lagi.

5. Versi Playstore yang sudah usang

Google Playstore mengalami download tertunda kemungkinan aplikasi yang dipakai sudah lama dan tidak di update. Beberapa aplikasi bisa menyebabkan unduhan tertunda jika aplikasi tersebut tidak di update ke versi terbaru. Jadi pastikan untuk selalu meng-update versi terbaru aplikasinya.

Cara meng-update versi terbaru playstore, kamu masuk ke Setelan > Tentang dan tekan beberapa kali Versi Play Store. Jika ada versi terbaru, maka aplikasi tersebut akan otomatis meng-updatenya.

Akhir Kata

Sekian tadi 5 penyebab dan solusi download tertunda di playstore. jadi setelah kamu tahu permasalahan apa yang menyebabkan aplikasi Playstore mengalami download tertunda, maka kamu bisa langsung mengatasinya dengan cepat.