5 Langkah Mudah Cara Jualan di Tokopedia Hasilnya Jutaan

5 Langkah Mudah Cara Jualan di Tokopedia Hasilnya Jutaan

Anda seorang karyawan swasta, mahasiswa atau seorang pengangguran? mau  dapat uang dari bisnis online? jualan di tokopedia saja. Caranya gampang banget, selain gratis anda juga bisa dapet duit ratusan bahkan jutaan. Yuk, ikuti 5 langkah mudah cara jualan di tokopedia biar dompet gak kosong melulu hehehe.. Sudah banyak sekali yang telah membuktikan suksesnya berjualan di tokopedia. Saya sendiri sudah mencobanya, sekarang tinggal giliran anda. Yuk coba dan buktikan jualan di tokopedia. Jika belum tahu caranya baca saja artikel ini sampai selesai.

5 Langkah Mudah Cara Jualan di Tokopedia

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk memulai jualan di marketplace yang satu ini. Namun anda tenang saja karena cara yang saya bagikan ini terbilang sangat mudah sekali. Jika anda saat ini sedang menggunakan laptop atau komputer, anda bisa sambil mempraktekkan materi dari artikel ini. Beres baca anda sudah mengerti dan bisa mulai berjualan. Jika sudah siap silahkan simak step by step cara jualan online di tokopediacara jualan di tokopedia

Langkah - langkah cara jualan di tokopedia:

  1. Registrasi

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai berjualan adalah dengan membuat akun terlebih dahulu di tokopedia. Untuk membuat akun  di tokopedia anda membutuhkan sebuah email dan nomor aktif untuk melakukan verifikasi. Jika anda belum memilikinya silahkan baca dulu artikel saya sebelumnya tentang cara bikin email yahoo, cara bikin akun gmail terbaru dan cara sakti buat email tanpa verifikasi hp. Atau anda bisa menggunakan akun Facebook untuk mendaftar ke tokopedia. Jika akun Facebook juga anda belum punya silahkan baca juga artikel saya mengenai cara membuat akun facebook personal dan bisnis. Jika email atau akun Facebook yang akan di daftarkan nya sudah ada sekarang waktunya anda melakukan registrasi.

Jika anda ingin mendaftar dengan akun Facebook silahkan klik daftar dengan Facebook. Namun jika anda ingin mendaftar menggunakan akun google silahkan klik daftar dengan google. Selain itu anda juga bisa mendaftar dengan menggunakan email yang anda miliki yaitu mendaftar melalui form yang telah di sediakan.

Yang saya lakukan pada bagian ini adalah dengan input nomor kode Aktivasi.

Setelah semua selesai, sekarang anda tinggal membuka toko di tokopedia.

  1. Buka toko online di tokopedia

Tahap kedua cara jualan di tokopedia adalah dengan membuka toko online di tokopedia. Untuk membuka toko klik menu gambar toko di bagian atas sebelah kanan, kemudian klik buka toko. Lihat gambar [caption id="attachment_692" align="aligncenter" width="300"]cara jualan di tokopedia Buka toko online di tokopedia | carapedi.id[/caption] Selanjutnya akan muncul  form pengisian detail toko anda. Isi nama toko anda sesuai dengan yang anda inginkan. Namun, berhati – hati dalam mengisi nama toko anda. Karena nama toko anda tidak bisa di rubah. Perhatikan saat pengisian nama toko anda jangan menggunakan nama toko yang sudah di gunakan orang lain. [caption id="attachment_693" align="aligncenter" width="271"]cara jualan di tokopedia Form pendaftaran toko | carapedi.id[/caption] Jika nama toko nya sudah digunakan orang lain maka tokopedia akan memberikan notifikasi “not available”.  Cari nama toko yang unik yang gampang di ingat orang. Karena hal ini merupakan salah satu trik berjualan di tokopedia. Jangan lupa juga isi domain toko anda. Nama domain toko juga sama seperti nama toko. Jangan gunakan domain yang sudah digunakan orang lain serta cari domain toko yang unik yang mudah dikenal orang dan juga gampang anda ingat.

Setelah semua form terisi silahkan klik tombol “buka toko sekarang”

Selanjutnya anda akan diberikan 3 form untuk melengkapi data detail toko anda. Pada bagian pertama anda diminta memberikan informasi dasar toko anda. Silahkan anda isi form tersebut sampai dengan selesai: [caption id="attachment_694" align="aligncenter" width="219"]cara jualan di tokopedia Form detail toko[/caption]

Di form kedua anda anda diminta untuk memberikan informasi seputar lokasi pengiriman toko anda. [caption id="attachment_695" align="aligncenter" width="148"]cara jualan di tokopedia Form Lokasi pengiriman[/caption]

Pada bagian form ketiga anda akan diminta untuk menentukan agen pengiriman paket barang anda. Silahkan pilih agen sesuai dengan yang akan anda gunakan. Setelah itu klik selanjutnya [caption id="attachment_696" align="aligncenter" width="258"]5 langkah mudah cara jualan di tokopedia Form jasa pengiriman[/caption] Sekarang toko online anda di tokopedia sudah jadi. Tugas anda sekarang adalah memasukkan produk ke toko anda agar pembeli dapat melihat produk yang anda jual. Klik pada tombol tambah produk. Lihat pada gambar [caption id="attachment_681" align="aligncenter" width="300"]cara jualan di tokopedia Tambah produk | carapedi.id[/caption]

  1. Tambah produk

Dibagian ketiga cara jualan di tokopedia adalah menambahkan produk ke toko anda. Disini silahkan anda isi semua form informasi produk anda dengan detail. [caption id="attachment_682" align="aligncenter" width="300"]cara jualan di tokopedia Masukan informasi detail produk[/caption] Jika sudah terisi semua dengan detail silahkan klik "simpan". Kemudian jika masih ada produk yang ingin anda tambahkan silahkan klik "simpan & tambahkan baru". [caption id="attachment_683" align="aligncenter" width="300"]cara jualan di tokopedia Klik simpan[/caption] Saat anda klik simpan maka produk yang anda upload tadi akan masuk ke etalase toko anda dan siap untuk dijual. [caption id="attachment_686" align="aligncenter" width="300"]cara jualan di tokopedia Produk Masuk ke etalase toko[/caption] Jika produk sudah masuk ke etalase, sekarang saatnya anda menunggu pesanan datang ke toko anda. Kunci agar barang anda cepat terjual adalah dengan seringnya anda membuka toko anda di tokopedia. Berikan respon cepat kepada customer yang bertanya atau ingin memesan produk anda. Karena cepat atau lambatnya respon anda bisa menentukan terjadi atau tidaknya penjualan di toko anda. Jangan sampai pembeli kecewa karena respon yang lambat dari pemilik toko nya. Berikan pelayan terbaik untuk calon pembeli anda. Saat ada pesanan ke toko maka pihak tokopedia akan memberikan notifikasi ke email anda. Tokopedia memberikan batas maksimum respon pesan selama 3 hari. Jika selama waktu tersebut kiriman pelanggan tidak dikirim maka pesanan akan di batalkan secara otomatis oleh pihak tokopedia. Jika anda menolak pesanan pembeli berikan alasan yang logis untuk customer anda. Oh iya kecepatan respon anda dalam menanggapi customer akan menentukan performa toko anda di mata tokopedia. Semakin cepat dan semakin baik anda melayani calon pembeli maka performa toko anda akan terus meningkat.

  1. Kirim produk

Setelah pelanggan anda memesan barangnya ke toko anda, segeralah kirim barang pesanan nya. Jangan lupa masukan nomor resi pengiriman nya agar pembeli dengan mudah bisa melacak paket nya. Pastikan alamat yang dituju sesuai dengan customer anda.

  1. Terima hasil

Inilah merupakan tahap akhir dari materi cara jual barang di tokopedia. Ketika anda selesai mengirim paket nya ke pelanggan, dan pelanggan anda sudah menerima barang pesanan nya. Pelanggan anda tersebut akan melakukan konfirmasi penerimaan kepada tokopedia bahwa barang yang dipesannya telah diterima. Kemudian pihak tokopedia akan meneruskan dana  hasil penjualannya ke saldo toko online anda di tokopedia. Lalu apa jadinya bila pelanggan anda tidak melakukan konfirmasi? Tenang jangan khawatir transaksi di marketplace itu sangat aman sekali apalagi ini di tokopedia. Jika pelanggan anda tidak melakukan konfirmasi dalam batas waktu 2x24 jam atau 2 hari setelah dinyatakan sampai oleh sistem. Maka, dana penjualan akan otomatis diteruskan ke saldo tokopedia anda. Sampai disini cara jualan di tokopedia telah selesai. Bagaimana mudah bukan? usaha ini bisa anda mulai tanpa modal loh. Tidak perlu skill luar biasa untuk memulainya. Cukup anda bisa mengoperasikan komputer, terbiasa berinteraksi menggunakan internet. Maka anda sudah bisa memulainya. Tertarik? silahkan anda coba sendiri.