5 Langkah Cara Bermain Game PC di Android Menggunakan Parsec

By

'

Cara Bermain Game PC di Android Menggunakan Parsec — Game PC memiliki daya tarik tersendiri bagi pemainnya. Mulai dari grafis hingga jalan cerita. Namun tahukah kamu? Ternyata game PC bisa dimainkan di Android menggunakan aplikasi bernama Parsec.

Kamu pasti sudah mendengar, bahwa game Android bisa dimainkan di PC menggunakan emulator. Ternyata, hal yang sebaliknya pun bisa dilakukan. Dan hebatnya lagi, kita tidak perlu menginstall emulator yang ukurannya bergiga-giga.

Tanpa berlama-lama lagi, kali ini Carapedi akan membahas cara bermain game PC di Android Menggunakan Parsec.

Baca Juga: 5 Emulator Android Terbaik Untuk Gaming.

Cara Bermain Game PC di Android Menggunakan Parsec

cara bermain game pc di android

Sebelum mulai ke langkah-langkahnya, download dulu aplikasi Parsec versi desktop melalui link ini. Ukurannya hanya sekitar 8MB. Jangan lupa, download juga aplikasi Parsec di Android melalui link ini. Jika keduanya sudah terinstall, ikuti langkah selanjutnya.

1. Atur Koneksi Internet

Pertama-tama, pastikan PC dan handphone terhubung ke WiFi yang sama dengan koneksi terbaik. Cara lainnya adalah dengan menyambungkan hotspot WiFi dari perangkat Android ke PC. Jika komputermu belum mendukung fitur WiFi, silahkan beli alat bernama WiFi Adapter terlebih dahulu. Di toko online, harganya mulai dari Rp30.000.

2. Buat Akun Parsec

Langkah selanjutnya, buat akun Parsec. Kamu bisa membuatnya melalui aplikasi desktop maupun Android. Jika sudah dibuat, cek email yang terdaftar untuk melakukan verifikasi. Setelah akun Parsec berhasil dibuat, ikuti langkah ke-3.

3. Login di Aplikasi Parsec Atur Konfigurasi Parsec Android

cara bermain game pc di android

Selanjutnya, login di aplikasi Parsec dektop maupun Android menggunakan akun yang baru saja dibuat. Lalu, buka aplikasi Parsec Android dan tekan tombol Connect.

Buka Settings > Client dan pastikan Overlay nya sudah on. Selanjutnya, buka Settings > Network lalu ubah UPnP menjadi on. Kamu bisa mengatur konfigurasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.

4. Atur Konfigurasi Parsec Desktop Untuk Kebutuhan Game

cara bermain game pc di android
cara bermain game pc di android

Pada aplikasi desktop, buka Settings > Host dan kamu akan menemukan pengaturan dasar untuk meningkatkan kinerja game. Yang paling utama adalah Resolution, Bandwidth, dan FPS.

Klik Settings > Client untuk mengatur Renderer, Vsync, dan Decoder. Agar mendapat hasil yang maksimal, atur Vsync menjadi On, dan Renderer menjadi DirectX (bagi pengguna Windows).

5. Mainkan Game PC di Android

Untuk mulai bermain game PC di Android, cukup hubungkan aplikasi Parsec, buka game PC, lalu mainkan di Android. Kamu juga bisa menggunakan gamepad agar bermain game menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Parsec tidak dapat berjalan di Windows 7 dan memerlukan GPU yang besar. Berikut adalah spesifikasi lengkap yang disarankan oleh Parsec:

Minimum

  • OS: Windows 8.1 / Server 2012 R2
  • CPU: Core 2 Duo or better
  • GPU: Intel HD 4200 / NVIDIA GTX 650 / AMD Radeon HD 7750 or better
  • Memory: 4GB DDR3

Recommended

  • OS: Windows 10 / Server 2016
  • CPU: Intel Core i5 or better
  • GPU: Intel HD 520 / NVIDIA GTX 950 / AMD Radeon RX 470 or better
  • Memory: 8GB DDR3

Itulah langkah-langkah cara bermain game PC di Android. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!