√5 Jenis Obat Hama Padi dan Cara Pengendalian Hama Paling Bagus

√5 Jenis Obat Hama Padi dan Cara Pengendalian Hama Paling Bagus

Jenis-jenis obat hama padi ada banyak sekali, mulai dari yang alami hingga obat hama bersifat sintetis atau kimia. Keduanya dapat kita gunakan untuk memberantas hama. Namun sebagai petani, kita harus selektif memilih jenis obat hama padi yang akan digunakan.

Karena tidak semua jenis obat bagus digunakan untuk semua jenis padi. Kadang 1 varietas padi juga bisa membutuhkan jenis obat hama yang yang berbeda tergantung tempat dan suhu di suatu daerah tepat ditanamnya padi tersebut.

Untuk Anda yang sedang bingung mencari referensi daftar obat hama padi, Berikut ini saya tulis beberapa daftar jenis obat hama padi dan cara pencegahan hamanya.

Obat Hama Padi Secara Umum

Obat Hama Padi juga dikenal dengan nama Pestisida, adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, memberantas ataupun menolak organisme yang mengganggu pertumbuhan hasil pertanian tertentu. Umumnya hama yang mengganggu pertumbuhan padi antara lain :

Jenis-Jenis Obat Hama

Obat Hama sudah ditemukan sejak manusia mulai bercocok tanam. Umumnya obat hama dibagi menjadi 2 antara lain :

Efektivitas Obat Hama Secara Alami Maupun Buatan

Pemakaian obat hama secara alami dinilai lebih menguntungkan daripada obat hama sintetis. Hal ini dikarenakan tidak hanya mengganggu pertumbuhan padi tapi juga agar tidak merusak lahan pertanian.

Namun cara ini juga tidak efektif untuk mengatasi hama dalam jumlah banyak karena reaksinya yang lambat.  Jika padi sudah dikuasai oleh hama maka Anda bisa menggunakan obat hama sintetis. Namun Anda perlu membatasi pemakaiannya supaya tidak merusak padi maupun lahan pertanian.

Jenis-Jenis Obat Hama Sintetis

Pemakaian obat hama sintetis juga tidak boleh sembarangan. Setiap obat hama ditujukan untuk hama tertentu yang menyerang tumbuhan padi. Berikut ini adalah jenis-jenis obat hama antara lain :

Kode Obat Hama Sintetis dan Penerapannya

Setiap obat hama sintetis memiliki kode yang sengaja dituliskan di belakang nama produknya. Kode-kode tersebut memiliki arti penting yang berhubungan dengan cara pemakaiannya. Inilah penjelasan dari kode-kode tersebut :

Contoh Pengendalian Hama Pada Hama Wereng

Wereng coklat adalah jenis hama yang menyukai pupuk nitrogen tinggi dengan jarak tanam yang rapat. Hama ini memiliki siklus hidup 21 sampai 33 hari. Cara pengendalian hama wereng yaitu :

Inilah tadi Jenis-jenis Obat Hama Padi dan Pemakaiannya untuk Anda. Sesuaikan penggunaan obat hama berdasarkan jenis diagnosa yang lahan padi Anda alami, serta gunakanlah pestisida sesuai dengan yang dianjurkan.