5 Cara Mengatasi Sinyal Internet Indosat Hilang

By

'

Indosat merupakan perusahaan yang bekerja di bidang penyedia jasa komunikasi dan telekomunikasi di indonesia. Indosat merupakan salah satu kartu sim yang menyediakan layanan multimedia, internet dan komunikasi data yang diberi nama Indosat Ooredoo.

Sama halnya dengan provider/penyedia layanan lain. Pasti mengalami internet hilang yang kadang membuat kita kesal. penyebab-penyebab internet hilang mungkin karena:

  • Rusaknya Hardware di HP
  • Simcard tidak pas/kendor pada saat dimasukkan
  • Faktor cuaca di area kalian
  • Sedang terjadi mati lampu

Beberapa penyebab di atas bisa kalian atasi dengan 5 cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Internet Indosat Hilang

Di bawah sini akan ditulis 5 cara untuk mengatasi hal ini. Berikut adalah cara-caranya.

1. Hidupkan dan Matikan Mode Airplane atau Mode Pesawat

Cara pertama yakni hidupkan mode pesawat selama beberapa detik dan kemudian matikan kembali. Hal ini untuk mereset/merestart ulang jaringan pada HP. Dengan melakukan cara ini, HP akan otomatis mencari jaringan bagus untuk ditangkap. Lakukanlah cara ini apabila sinyal internetnya kembali hilang.

2. Restart HP

Jika cara pertama gagal, bisa kalian coba menggunakan cara kedua yakni merestart HP. Dengan melakukan ini, sistem kinerja pada hp, baik dari jaringan dan sebagainya akan merestart ulang. Dengan begitu, HP akan mencari jaringan yang baru dan sinyal akan segera muncul.

3. Mengganti Settingan APN

Jika jaringan indosat kalian muncul tapi internetnya tidak berjalan, bisa kalian coba atur APN dengan pengaturan sebagai berikut.

  • APN Indosat Default
    Nama APN: ISAT WAP
    APN: indosatgprs
    Username: indosat
    Password: indosat
    Proxy: kosongkan
    Port: kosongkan
  • APN Indosat 4G
    Nama APN: INDOSAT
    APN: internet
    Username: kosongkan
    Password: kosongkan
    Proxy: kosongkan
    Port: kosongkan

4. Menunggu Perbaikan Jaringan Selesai

Jika ketiga cara di atas tidak berhasil, kemungkinan pihak Indosat sedang ada gangguan. Jadi kalian cukup menunggunya saja hingga perbaikan selesai. Biasanya provider-provider seperti ini memiliki jadwal-jadwal tersendiri ketika akan melakukan perbaikan jaringan di suatu wilayah. Paling lambat lamanya perbaikan mungkin hanya 1 hari atau 24 jam saja.

5. Hubungi Customer Service Indosat

Terakhir, apabila keseluruhan dari di atas tetap tidak berhasil, berarti kalian perlu menghubungi CS pihak Indosat melalui nomor (021) 30003000 – indosatooredoo.com. Kemudian sampaikan permasalahan kalian dan CS akan membantu untuk mengatasinya.

Akhir Kata

Demikian cara mengatasi sinyal internet indosat hilang. Semoga bermanfaat dan pastikan juga IMEI pada HP kalian sudah terdaftar di Kominfo supaya pengambilan sinyal pada HP dapat berjalan normal.