5 Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul

By

5 Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul

Setelah hype-nya aplikasi Tik Tok yang menyediakan fitur menonton video pendek, kini Instagram pun tak mau kalah. Pasalnya pada 23 Juni 2021 yang lalu Instagram menghadirkan fitur Reels untuk para penggunanya.

Reels Instagram sendiri hampir sama dengan fitur pada Tik Tok, yaitu menyediakan video-video dengan durasi pendek serta memungkinkan juga untuk kita membuatnya. Banyak kritik positif dan negatif sejak diluncurkan fitur ini. Namun faktanya, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para akun dagang ataupun content creator agar bisa lebih membagikan kreasi yang unik sehingga menarik banyak audiens.

5 Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul
Instagram

Banyak fitur pendukung yang di sediakan Reels Instagram untuk semakin menambah minat para pengguna membuat karya video yang menarik. Mulai dari filter, efek animasi, hingga stiker. Bahkan kamu juga bisa menambahkan audio dengan irama senada layaknya Tiktok.

Dan berikut adalah keuntungan di hadirkannya fitur Instagram Reels ini :

  • Menjadi Media Promosi

Bagi para akun bisnis ataupun content creator digital, di luncurkannya Instagram Reels ini tentu sangat berguna. Karena mereka bisa membuat video singkat menarik mengenai produk atau hasil karyanya sehingga menjadikan para pengunjung merasa nyaman mengunjungi akun tersebut.

Terlebih lagi banyaknya fitur pendukung untuk membuat promosi produk yang lebih menarik menyesuaikan perkembangan jaman.

  • Menambah Followers

Berkaitan dengan banyaknya pengunjung yang merasa nyaman ketika melihat feeds karyamu, tentu akan menarik banyak akun untuk mengikuti agar bisa melihat konten-konten selanjutnya. Maka tidak heran, dengan sekejap pengikut akun instagram-mu akan melonjak tinggi.

Banyak keuntungan yang akan di dapat jika followers akun-mu sudah ribuahn atau bahkan jutaan. Seperti contohnya, menerima endorse, paid promote atau sebagai selebgram terkenal.

  • Menaikkan Insight

Sejak di hadirkannya, Reels Instagram memang boleh di akses oleh siapapun penggunannya. Hal ini tentu saja akan menaikkan Insight para akun bisnis karena tidak hanya pengikut yang bisa menonton hasil karyamu, tapi akun asing pun bisa melihatnya.

Insight sendiri adalah salah satu fitur yang tersedia di Instagram sebagai alat analisis asli yang menyediakan data tentang demografi dan tindakan pengikut. Dengan hadirnya Insight, maka kamu akan mengetahui perkembangan feeds dan lebih memahami juga karya kesukaan pengikutmu.

Di balik hangatnya perbincangan Reels Instagram ini, ada pula kekesalan para pengguna yang mengungkapkan bahwa fitur Reels-nya ini tidak muncul. Untuk itu, carapedi.id akan membagi tahu cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul

1. Perbarui Versi Instagram

Berhubung fitur Reels ini masih baru, jadi cobalah untuk melakukan pembaruan pada IG-mu. Kamu bisa cek terlebih dahulu versi aplikasinya untuk kemudian mendownload versi yang baru.

Untuk melihat versi aplikasi, bisa langsung masuk ke Pengaturan ponsel lalu pilih aplikasi Instagram dan lihat versi aplikasi yang sedang digunakan. Atau bisa juga langsung pergi ke Google Play Store untuk melakukan update langsung ke versi paling terbaru.

2. Hapus Cache Instagram

Jika cara sebelumnya sudah dilakukan dan Reels belum juga muncul, cobalah untuk membersihkan cache-cache Instagram. Cache sendiri merupakan memori sementara yang di hasilkan dari foto maupun video yang sebelumnya pernah di akses.

Cara untuk membersihkannya, masuk ke Pengaturan pada Ponsel. Pilih menu Aplikasi/App dan cari aplikasi Instagram. Kemudian kamu klik opsi Bersihkan Cache.

3. Hapus Data Instagram

Cara terakhir yang ampuh untuk mengatasi Reels yang tidak muncul ini adalah dengan mengahapus data pada Instagram.

Berbeda dengan Cache yang berisikan sampah, Data sendiri berisikan data aplikasi Instagram itu sendiri. Dengan melakukan hal ini, tak perlu khawatir data-datanya akan terhapus, yang akan terjadi hanyalah akan log-out dari semua akun yang sudah di login.

Cara untuk melakukannya adalah dengan masuk ke Pengaturan pada Ponsel. Pilih menu Aplikasi/App dan cari aplikasi Instagram. Kemudian kamu klik opsi Hapus Data.

Dengan cara diatas, di jamin fitur Reels Instagram akan kembali lagi pada akun-mu. Dan bisa mulai untuk membuatnya atau menyaksikan hasil karya orang lain juga menjadikan sebagi alat untuk promosi yang menarik. Semoga Bermanfaat.