5 Cara Mengatasi Kamera HP Buram

By

'

Saking banyaknya fitur-fitur kamera yang keren pada HP atau smartphone, permasalahan seperti buram, tidak jernih, bahkan noise adalah hal yang paling dihindari semua orang.

Hal ini kadang terjadi pada pengguna HP Android. Terutama bagi orang yang hobinya memotret atau selfie.

Penyebab kamera buram ada berbagai macam. Misalnya seperti ada kotoran yang menempel pada lensa kamera, atau kamera HP terganggu oleh lensa casing tambahan yang kurang bagus kualitasnya. Lensa HPnya bermasalah dan juga bisa saja kualitas pada kamera HP memang kurang bagus.

Cara Mengatasi Kamera HP Buram

Cara mengatasi dari berbagai penyebab di atas tadi, kamu bisa cobanya sendiri sebelum pergi ke service HP. Karena akan memakan biaya besar. Dan solusi ini dapat diterapkan pula pada seluruh HP, baik itu Xiaomi, OPPO, Vivo, Samsung, Asus, dan semua merk android lainnya.

1. Bersihkan Kamera HP

Kotoran/Noda sering sekali menempel pada lensa kamera HP tanpa disadari. Oleh karena itu, kalian harus sering membersihkannya dengan rutin. Karena dapat menyebabkan dampak yang berpengaruh pada kualitas gambar yang menjadi lebih buram.

Cara membersihkannya mudah,

  • Matikan HP lebih dulu.
  • Ambil kapas/tisu atau semacamnya.
  • Gosok perlahan hingga kamera tampak bersih.
  • Nyalakan kembali HP kemudian tes kameranya.

Catatan, agar lebih bersih, kalian bisa gunakan cairan LCD Cleaner agar hasil pembersihannya lebih bagus lagi.

2. Lepas Casing HP

Hal ini terjadi bagi kalian yang sering menambahkan casing tambahan, terutama yang memiliki pelindung khusus lensa kamera.

Akibat yang terjadi jika casing pelindung kameranya kotor, akan menjadikan foto yang diambil menjadi buram, atau noise warna kekuning-kuningan dan bahkan bisa sampai blur.

Untuk mengatasinya, kalian bisa beli casing baru yang kualitasnya lebih bagus atau membersihkannya dengan pasta gigi agar menjadi jernih lagi casingnya.

3. Pakai Hair Dryer

Cara ini mungkin terjadi akibat HP pernah terkena air yang mengakibatkan kamera berembun. Biasanya diakibatkan karena HPnya kehujanan.

Normalnya, embun bisa hilang sendiri, tapi tidak semua begitu. Oleh karena itu, kamu bisa gunakan cara ini agar embun pada kamera bisa hilang sepenuhnya.

  • Seperti bias,a matikan HP terlebih dahulu dan lepaskan battery jika dapat dicopot.
  • Aktifkan hair dryer lalu atur pada suhu terendah.
  • Hangatkan HP dengan jarak yang cukup jauh, terutama pada bagian kamera.
  • Pastikan juga suhu HP tidak terlalu panas sangat dikeringkan oleh Hair Dryer.

4. Reset Pengaturan Kamera

Pengaturan kamera dapat meningkatkan maupun menurunkan kualitas gambar yang diambil. Jadi tidaklah heran apabila kalian mengatur pengaturan kamera dengan salah. Yang menyebabkan kualitas pada gambar turun, pencahayaan menurun, hingga buram.

  • Bukan Pengaturan / Setelan di HP.
  • Masuk ke menu Aplikasi.
  • Cari aplikasi Kamera.
  • Lalu pilih ke menu Penyimpanan dan Hapus Data.

Atau kalian juga bisa gunakan aplikasi kamera lain di playstore. Misalnya menggunakan aplikasi Google Camera. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan foto yang lebih jelas dan jernih.

5. Ganti Lensa HP

Cara terakhir ini bisa dicoba apabila keempaat cara di atas tidak efektif. Dan juga efektif bagi kalian yang lensanya sudah pecah.

Untuk menganti lensa, kamu bisa lakukan sendiri atau pergi ke service HP. Dan komponen lensanya bisa dibeli secara online untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Harga lensa bervariatif dari 25 ribu hingga 75 ribu rupiah. Dan apabila kalian melakukan penggantian lensa HP di service HP, maka akan dikenakan biaya perbaikan kamera senilai 100 ribu hingga 250 ribu rupiah.

Akhir Kata

Demikian cara mengatasi kamera HP buram. Dengan cara di atas, kamu bisa membuat hasil kameranya menjadi lebih jernih kembali seperti awal pembelian dan setidaknya bisa meminimalisir kerusakan dan kekurangan pada kamera seperti buram.

Apabila cara yang diatas tidak efektif, kemungkinan hal ini terjadi karena HP yang kalian memiliki tergolong lama alias jadul. Jadi cara ini tidak akan terlalu efektif.

Semoga bermanfaat.