5 Cara Memindahkan Titik Biru Di Google Maps dengan Mudah

By

Kebutuhan navigasi untuk saat ini merupakan hal yang cukup penting. Ditambah lagi sudah banyak aplikasi yang membantu kebutuhan navigasi. Aplikasi ini antara lain seperti Google Maps, Waze dan masih banyak lagi. Untuk di Indonesia kebanyakan menggunakan Google Maps. Pada Google Maps lokasi pengguna ditandai dengan titik biru. Terkadang titik tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Untuk mengatasi nya berikut cara memindahkan titik biru di Google Maps dengan mudah.

Titik biru sendiri pada aplikasi navigasi Google Maps menunjukkan posisi ponsel pengguna. Hanya saja, karena beberapa alasan banyak terjadi posisi titik ini jauh dari lokasi yang sebenarnya. Berikut ini sejumlah Langkah untuk mengembalikan titik ini ke lokasi yang tepat:

1. Memperbaiki Jaringan

Masalah yang ikut mempengaruhi ketepatan lokasi adalah masalah jaringan. Jadi, cara memindahkan titik biru di Google Maps ke lokasi pemilik ponsel yang benar adalah dengan memperbaiki jaringan. Ada beberapa cara, antara lain dengan menyalakan mode pesawat selama beberapa menit. Setelah nya sinyal kemungkinan akan Kembali normal.

Ada pula cara lain untuk mengembalikan kekuatan sinyal seperti memulai ulang ponsel. Cara ini juga sangat mudah dilakukan, yaitu dengan masuk ke menu pengaturan dan menekan mulai ulang ponsel. Ada juga beberapa ponsel yang cara memulai ulang nya adalah dengan menekan tombol on/off hingga muncul pilihan mulai ulang atau matikan ponsel. Disini pengguna bisa memulai ulang ponsel untuk memperbaiki jaringan.

2. Menggunakan Koneksi Stabil

Koneksi juga dapat mempengaruhi ketepatan lokasi pada Google Maps. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jaringan yang paling kuat pada perangkat yang dimiliki. Seperti jaringan 3G, 4G, 5G atau juga jaringan WiFi. Koneksi internet yang stabil akan membantu me-refresh lokasi yang sebenar nya di mana titik biru ditunjukkan. Nantinya akan menunjukkan lokasi terkini yang sesuai dengan lokasi pengguna perangkat tersebut.

3. Mengaktifkan Fitur Lokasi

Cara selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur lokasi pada ponsel atau telepon pintar yang dimiliki. Fitur lokasi ini berguna untuk mendeteksi lokasi terkini dari ponsel tersebut. Biasanya meskipun tidak tersambung dengan internet atau jaringan fitur ini tetap berjalan lancar. Jadi, lokasi yang akan ditunjukkan dengan titik biru akan berpindah sesuai dengan keberadaan ponsel miliki pengguna. Tentunya fitur ini juga akan merekam keberadaan ponsel meski aktif bermobilitas.

4. Mengakses Aplikasi Google Maps

Setelah jaringan serta koneksi internet kembali normal dan fitur lokasi telah aktif maka pengguna bisa ke cara selanjutnya. yaitu dengan membuka aplikasi Google Maps. Setelah melakukan cara-cara diatas, maka deteksi lokasi atau titik biru akan menunjukkan lokasi ponsel terkini. Titik biru tersebut bisa saja berpindah dari lokasi sebelum nya ke lokasi yang lebih akurat. Perlu diingat akurat disini tergantung pada posisi ponsel atau perangkat yang digunakan bukan posisi penggunanya.

5. Memastikan Lokasi Sudah Sesuai

Titik biru akan menunjukkan lokasi sebenarnya dari perangkat yang terhubung. Jadi, pada cara terakhir ini pengguna bisa mengecek ulang apakah lokasi atau titik yang ditunjukkan sudah sesuai atau belum. Jika titik biru tidak sesuai atau belum berpindah ke tempat yang sesuai, maka pengguna bisa mengulang cara diatas hingga lokasi sesuai. Kesesuaian lokasi sangat bergantung pada fitur lokasi, sinyal dan jaringan, jadi pastikan sudah aman semuanya. Itulah sejumlah cara memindahkan titik biru di Google Maps dengan mudah. Tentunya titik biru akan mengikuti posisi terupdate dari ponsel atau perangkat. Jadi, apabila ada perpindahan atau hal lain semacamnya akan tidak akan jauh dari lokasi ponsel tersebut. Jika lokasi titik biru bermasalah atau tidak sesuai pengguna bisa menggunakan cara-cara diatas.