5 Cara Membuka Gmail Lupa Sandi dengan Cepat

By

'

Gmail menjadi satu bagian penting yang sebenarnya tidak boleh dilupakan. Tentu saja karena Gmail berkaitan dengan hampir semua akses milik pribadi di Internet, entah itu ponsel maupun PC. Berkenaan dengan kepentingan aksesibilitas email yang menyeluruh ini, Tidak heran jika banyak orang bingung jika tidak bisa masuk ke akun Gmail karena lupa password. Lalu, bagaimana cara membuka gmail lupa sandi bila hal seperti ini terjadi? Simak ulasannya berikut ini:

1. Menggunakan Pemulihan Alamat Email

cara membuka Gmail lupa sandi yang pertama adalah menggunakan pemulihan alamat email. Hal ini bisa dijadikan opsi apabila pengguna telah menautkan alamat email cadangan pada saat pembuatan email di Gmail. Silakan masukkan alamat email dengan benar kemudian, klik berikutnya dan pilih opsi coba cara lain yang ada pada bagian bawah kotak dialog.

Langkah selanjutnya silahkan pilih memilih saya tidak memiliki ponsel maka, nantinya kode akan dikirimkan ke pesan langsung melalui email yang digunakan. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan kemudian, buat kata sandi baru pada kotak dialog yang kosong. Nah, setelah itu silahkan klik menu berikutnya di pojok kanan bawah.

2. Menggunakan Nomor Ponsel

Solusi lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan nomor ponsel. Sama seperti cara di atas dimana, pengguna tetap diharuskan memasukkan alamat email. Tahap yang sama juga dilakukan pada opsi ini. Apabila email telah memasukkan maka, selanjutnya silahkan pilih coba cara lain yang ada pada bagian bawah setelah klik opsi berikutnya.

Langkah selanjutnya adalah pilih opsi  SMS atau Telepon yang nantinya akan digunakan pihak Gmail mengirimkan kode verifikasi. Apabila kode verifikasi telah terkirim, silahkan segera masukkan kode tersebut ke kotak dialog yang telah tersedia. Pengguna akan dipersilakan untuk mengganti kata sandi supaya email bisa kembali digunakan. Silakan klik saya setuju untuk melalui tahap selanjutnya.

3. Pemulihan Akun dengan Tanggal Lahir

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjawab pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya pada saat pembuatan email. Sama seperti cara-cara sebelumnya, pengguna diharuskan memasukkan alamat email. Silahkan pilih opsi coba cara lain pada jendela menu password.

Tahap selanjutnya silahkan masukkan tanggal lahir pada kotak dialog yang tersedia kemudian, masukkan kata baru untuk pemulihan akun. Langkah terakhir silakan klik opsi saya setuju untuk masuk ke kotak dialog email.

4. Menjawab Pertanyaan Gmail

Tidak jauh berbeda dengan poin ke tiga, cara membuka gmail lupa sandi berikut ini juga mengharuskan pengguna memberikan jawaban berdasarkan data pengguna. Apabila pada poin ketiga menggunakan tanggal lahir, maka pada tahap ini mengharuskan pengguna menjawab beberapa pertanyaan dari Gmail. Pertanyaan ini sendiri merupakan pertanyaan yang sebelumnya telah dipilih oleh pengguna saat pembuatan akun.

Silahkan jawab setiap pertanyaan dengan jawaban seperti saat pembuatan akun. Apabila jawaban yang diberikan telah sesuai, nantinya Gmail akan mengarahkan pengguna pada penggantian kata sandi baru.

5. Menghubungi Tim Gmail

Langkah terakhir yang bisa dijadikan opsi adalah menghubungi langsung operator Gmail melalui email yang digunakan. Nantinya tim dari Gmail akan melakukan peninjauan akun penyebab tidak bisa masuknya pengguna ke kotak dialog Gmail. Proses ini akan memakan waktu yang lebih lama yaitu sekitar seminggu sebelum akhirnya ada konfirmasi dari pihak terkait.

Pengguna bisa menemukan opsi ini pada saat keempat cara sebelumnya tidak dapat dilakukan karena data yang tidak valid saat dimasukkan. Nantinya akan ada satu kotak dialog kosong yang dapat diisi oleh pengguna berdasarkan keluhan yang terjadi.

Itulah tadi 5 cara membuka Gmail lupa sandi menggunakan berbagai opsi yang telah disiapkan oleh pihak Gmail. Memberikan informasi yang lengkap serta tepat saat pembuatan akun pertama kali akan penting dilakukan. Informasi inilah nantinya yang dapat membantu pengguna apabila terjadi kendala pada akun Gmail.