5+ Cara Membuat Undangan Ulang Tahun Kreatif dan Lucu

5+ Cara Membuat Undangan Ulang Tahun Kreatif dan Lucu

Kini cara membuat undangan ulang tahun akan semakin mudah. Selain banyak aplikasi yang bisa digunakan juga kian banyaknya contoh dan inspirasinya. Tanpa harus memesan kepada ahlinya, kamu juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri.

Tanpa harus memiliki keahlian desain grafis, kamu bisa menggunakan aplikasi tertentu yang bisa digunakan dengan drag and drop saja.

Dengan demikian, maka proses pembuatan kartu undangan ulang tahun akan lebih mudah dibuat. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan selera dan keinginan kamu sendiri.

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun dengan Berbagai Aplikasi

cara membuat undangan ulang tahun

Kamu bisa membuat undang ini dengan melihat inspirasi dari contoh undangan ulang tahun anak.

Terlebih jika kini sudah banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk mendesainnya sehingga terasa lebih mudah meskipun hanya bermodalkan tutorial di internet. Berikut cara-caranya:

1. Membuat Undangan Ulang Tahun dengan Canva

Canva sendiri bisa kamu akses baik melalui aplikasinya langsung atau hanya sekedar lewat website.

Platform ini dikenal menyediakan ratusan layout gratis tidak hanya undangan ulang tahun namun juga banyak hal lainnya mulai dari Instagram stories hingga template presentasi.

Bahkan kamu juga bisa membuat kartu undangan pernikahan dengan mudah di sini. Tidak perlu keahlian khusus, kamu bisa membuat kartu undangan hanya dengan drag and drop saja.

Jika kamu ingin buat undangan ulang tahun di Canva, berikut adalah langkah cara membuatnya:

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Cara Membuat Undangan Ulang Tahun

Setelah kamu unduh, kamu bisa cetak kartu undangan ini dan sebarkan ke orang-orang yang ingin kamu undang satu persatu.

2. Membuat Ulang Tahun di Microsoft Word

cara membuat undangan ulang tahun

Bukan hanya digunakan untuk mengetik saja, nyatanya Microsoft Word dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan lainnya yang lebih bervariasi, misalnya membuat undangan ulang tahun. Sayangnya kamu perlu mendesain template terlebih dahulu sebelumnya karena Word memang tidak menyediakannya.

Baca juga: Cara buat label undangan di Microsoft Word

3. Membuat Undangan Ulang Tahun dengan Corel Draw

cara membuat undangan ulang tahun

Salah satu software berbasis pengeditan yang tidak bisa dilupakan untuk membuat undangan ulang tahun yakni Corel Draw. Terutama bagi kamu jika sudah mahir menggunakannya maka akan terasa sangat mudah ketika ingin membuat berbagai tulisan kartu undangan ulang tahun dari aplikasi ini.

4. Membuat Undangan Menggunakan Photoshop

cara membuat undangan ulang tahun

Photoshop tentu tidak akan bisa dilupakan apabila kamu sudah menggunakan Coreldraw. Keduanya dianggap sebagai aplikasi editor foto yang sudah dikenal banyak orang karena lengkapnya fitur di dalamnya. Pengguna pun dapat berkreasi sebebas mungkin seperti membuat undangan ulang tahun.

Baca juga: Cara buat denah lokasi undangan pernikahan

5. Membuat Undangan Ulang Tahun Menggunakan Invitation Card Maker

cara membuat undangan ulang tahun

Lain halnya dengan aplikasi sebelumnya, Invitation Card Maker memang digunakan untuk membuat undangan. kamu bisa menggunakannya saat hendak mengundang tamu ulang tahun, pernikahan ataupun acara lainnya.

Langkahnya pun sangat mudah dan bisa dipakai sebagai cara membuat undangan ulang tahun dari kertas origami, berikut langkah-langkahnya:

6. Membuat Undangan Menggunakan PowerPoint

cara membuat undangan ulang tahun

Tidak hanya Microsoft Word saja, nyatanya Microsoft PowerPoint juga bisa kamu gunakan sebagai cara menulis undangan ulang tahun. Justru program ini akan mengingatkan pada pengguna ketika mereka sedang mencobanya. Berikut urutannya:

Komponen Kartu Undangan Ulang Tahun

cara membuat undangan ulang tahun

Dalam kartu undangan ulang tahun, ada beberapa bagian yang harus ditulis dan jangan di lewatkan. Jika tidak, maka akan cacat kartu undangannya dan tidak akan relevan. Bahkan mungkin bisa membuat penerima kartu undangan merasa kebingungan.

1. Tulisan Selamat Ulang Tahun/ Birthday

Pada bagian paling atas biasanya ada tulisan Birthday atau selamat ulang tahun dengan tulisan besar dan di bold. Kadang ada juga yang dibuat variasi huruf yang menarik.

Bagian ini jadi headline dari kartu undangan ulang tahun dan membedakannya dengan jenis kartu undangan lainnya.

Setiap kartu undangan ulang tahun seperti apa pun bentuknya, maka ia akan memiliki tulisan tersebut pada bagian atas dari kartu undangan ulang tahunnya.

2. Nama Orang yang Ulang Tahun

Setelah tulisan Birthday, biasanya ada nama orang yang sedang berulang tahun lengkap dengan peringatan ulang tahun ke sekian tahunnya orang tersebut.

Tulisannya juga kadang dibuat menarik seperti headline dari kata ulang tahun. Kadang dibuat dengan jenis huruf yang sama. Tulisan ini menunjukkan siapa yang sedang berulang tahun dan memperingati berapa tahun ulang tahunnya.

3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan acara ulang tahun juga jadi komponen penting dalam kartu ulang tahun.

Penjelasan waktu dan tempat ini di tulis pada bagian bawah setelah nama orang yang sedang berulang tahun dengan ukuran font yang lebih kecil dari ukuran font doi atasnya.

4. Nama Orang yang Diundang

komponen terakhir dari kartu undangan ulang tahun adalah nama dari orang yang diundang. Nama orang yang diundang ini biasanya diberi border kotak segi empat.

Jika kamu diundang, maka akan ada nama kamu tertulis di sana. Namun kebanyakan nama tersebut tidak di ketik langsung. basanya nama orang yang diundang ini akan ditulis tangan dengan dilengkapi kertas tempel.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa cara membuat undangan ulang tahun itu bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

  1. Menggunakan Canva
  2. Menggunakan Microsoft Word
  3. Menggunakan Corel Draw
  4. Menggunakan Photoshop
  5. Menggunakan Invitation Card Maker
  6. Menggunakan Power Point

Cara mana yang akan kamu gunakan? Pilih salah satu cara di atas yang menurut kamu paling mudah. saya sendiri lebih enak dan nyaman menggunakan Canva saja. Karena tinggal drag and drop saja.