5 Cara Melihat Rumah Di Google Maps Iphone dan Android

By

Aplikasi buatan google telah banyak memberi hal baru, seperti hal nya fitur-fitur yang tertanam pada Google Maps. Salah satu fitur nya ada Google Street View, dimana pengguna bisa melihat gambar jalan atau keadaan sekitar suatu lokasi. Bahkan bisa dengan jelas melihat rumah atau bangunan tertentu. Fitur ini akan sangat membantu untuk menunjukkan alamat atau hal lain nya. berikut sejumlah cara melihat rumah di Google Maps iPhone dan Android yang didukung Google Street View.

Diantara beberapa layanan yang ada di Google Maps, Google Street View adalah fitur yang sering digunakan untuk menemukan suatu lokasi. Hal ini karena Google Street View menyediakan gambar tentang lokasi yang dituju. Berikut sejumlah Langkah menggunakan nya melalui perangkat iPhone ataupun Android:

1. Akses Google Maps

Pertama kali yang harus dilakukan pada cara melihat rumah di Google Maps iPhone adalah membuka akses pada aplikasi tersebut. Pastikan bahwa sudah memberi izin aplikasi yang diminta agar Google Maps bisa bekerja dengan baik. Jangan lupa juga memperhatikan koneksi internet yang digunakan, pastikan dalam kondisi yang stabil.

2. Pilih Lokasi

Tulis lokasi yang ingin dilihat pada kolom pencarian di bagian atas tampilan Google Maps. Dengan ini, pengguna bisa memasukkan lokasi mana pun yang bisa diakses oleh Google Maps. Untuk hasil yang lebih baik, maka usahakan untuk memasukkan alamat atau memberi detail lokasi yang benar saat melakukan pencarian. Pastikan semua sudah benar, tidak Typo atau apapun sebelum menekan enter.

Jika ada beberapa lokasi yang dituju atau dicari merupakan sebuah bangunan maka bisa langsung saja tulis nama bangunan tersebut. Barangkali tempat tersebut sudah terdaftar sebagai sebuah lokasi di Google Maps. Contoh nya ‘RSUD SANGLAH’, ‘gedung TVRI’, ‘SMPN 7 Jakarta’ dan lain sebagainnya. Jika bukan berupa bangunan maka bisa menggunakan nama jalan atau nama daerah terkait.

3. Pasang Pin Lokasi

Cara ini merupakan alternatif dari pada menggunakan kolom pencarian. Mungkin untuk beberapa keadaan opsi ini lebih mudah untuk menentukan lokasi yang akan dilihat. Pengguna dapat memasang pin pada lokasi yang diinginkan pada Google Maps. Caranya tekan lokasi yang ingin dilihat hingga muncul tanda lokasi seperti penanda warna merah. Jika titik telah sesuai maka bisa di zoom untuk memastikan lokasi sudah benar.

4. Cari fitur Street View

Jika lokasi yang ditunjukkan oleh kolom pencarian atau pin lokasi sudah benar maka pengguna tinggal mencari fitur Street View. Fitur ini berada pada bagian yang menjelaskan tentang lokasi, nantinya ada tanda berbentuk putaran 3600. Tanda ini akan disertai sejumlah foto yang merujuk pada lokasi yang dituju. Pengguna bisa menekan fitur ini dan melihat penampakan 3600 dari tempat yang dituju.

Sebuah disclaimer bahwa tidak semua tempat akan terlihat semua sisi nya. Hal ini karena beberapa tempat atau pengguna meminta untuk foto objek rumah atau mungkin orang untuk diburamkan. Alasan yang paling umum biasanya adalah privasi. Pengguna berhak meminta Google Maps memblur rumah nya atau properti miliki nya jika diperlukan.

5. Google Street View Bisa Digunakan 

Cara-cara diatas akan ditutup dengan penggunaan Google Street View. Penggunaan nya cukup mudah dan simpel. Street View biasanya akan menunjukkan langsung bagian depan bangunan (jika yang dicari bangunan) atau di tengah jalan (jika yang dicari jalan). Untuk melakukan eksplorasi pengguna bisa menggeser ke kanan, kiri, jalan di depan atau juga mundur. Dengan ini gambaran jalan yang akan dilalui akan terasa lebih jelas juga terarah.

Itulah cara menggunakan Google Street View atau cara melihat rumah di google Maps iPhone dan Android. Cara diatas cukup mudah dipraktekan dengan perangkat apapun yang tersambung dengan internet. Jadi, akan lebih mudah dalam menemukan lokasi atau rumah yang dicari.