5 Cara Melihat Maps 3D Agar Dapat Menjelajahi Dunia Secara Virtual

By

'

Google Earth adalah layanan yang memungkinkan penggunanya mengakses lokasi dan melihat pencarian lokasi lewat peta digital. Aplikasi yang banyak digunakan pengguna untuk mencari alamat tujuan ini memiliki berbagai fitur keren dan menarik, salah satunya adalah maps 3D. Sayangnya, banyak pengguna yang tak memahami cara kerja tentang cara melihat Maps 3D ini.

Fitur 3D ini membuat penampakan dan panorama menjadi lebih nyata. Tidak hanya itu, berbagai bangunan yang terdapat di tempat yang ingin dilihat juga akan diperlihatkan secara jelas dan detail. Sehingga, pengguna seakan disuguhkan pemandangan nyata di lokasi tersebut. Tidak perlu bingung untuk membaca maps 3D. Berikut langkah-langkah melihat Google Maps 3D menggunakan Google Earth dengan mudah:

1. Membuka Google Earth

Fitur maps 3D ini juga mempermudah pengguna melihat gambaran dunia secara nyata tanpa menelan banyak biaya. Apalagi di era pandemi seperti saat ini, banyak negara yang melarang turis dari luar negeri untuk berkunjung ke negaranya. Dari pada membahayakan keselamatan, lebih baik menjelajahi lokasi dengan Google Earth.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Earth via Android, PC, laptop, iPhone, dan iPad. Untuk mengaksesnya dapat dibuka via website https://www.google.com/earth/. Pengguna juga dapat mengakses Google Earth menggunakan aplikasi. Caranya dengan menginstal Google Earth di Smartphone Android melalui Playstore atau Appstore.

2. Pilih ‘Telusuri’

Langkah selanjutnya untuk melihat Google Maps 3D adalah dengan cara klik ‘Telusuri’. Pengguna akan disuguhkan dengan penampakan dunia. Geser gambar memakai satu jari. Layar juga bisa diperbesar atau diperkecil sesuai keinginan dengan cara menyentuh layarnya memakai satu atau dua jari. Pengguna dapat menjelajahi tujuan, lokasi, hingga sarana transportasi yang dimanfaatkan di lokasi yang ingin dilihat. Apakah tempat yang ingin dilihat sudah ditampilkan?

3. Mengaktifkan Garis Kisi

Cara melihat Maps 3D selanjutnya adalah pengguna  dapat melihat titik koordinat geografis di lokasi secara lengkap. Caranya, aktifkan garis kisi agar pengguna dapat melihat pemaparan tentang garis khatulistiwa, meridian pria, dan garis lintang lain. Apabila membuka aplikasi via Smartphone, maka pengguna dapat menekan Gaya peta di pojok kiri, lalu mengaktifkan garis kisinya. Selanjutnya, pengguna akan disuguhkan cara melihat tampilan lokasi 3D.

4. Menampilkan 3D

Gambar 3D memang ditampilkan di Google Earth. Namun, ada beberapa lokasi yang tidak bisa menjangkau gambar 3D. Fitur 3D dapat diaktifkan dengan cara memilih menu dan tekan ‘gaya peta’. Selanjutnya, pengguna bisa mengaktifkan bangunan 3D. Pengguna dapat menjelajahi lokasi yang ingin dilihat sesuai keinginan.

Bukan itu saja, bangunan 3D yang dilihat dapat disimpan. Apabila diakses melalui komputer atau laptop, maka gambar bisa tersimpan dengan cara menekan File, lalu simpan, dan kemudian pilih opsi simpan gambar. Tentukan, tempat penyimpanan gambar serta masukkan nama gambar yang disimpan. Gambar akan tersimpan secara otomatis.

5. Pilihlah menu untuk Memutar Gambar

Seluruh lokasi yang ingin dilihat akan ditampilkan oleh Google Earth, hanya hanya kadang memerlukan waktu sedikit lama. Supaya, gambar bisa diketahui, maka ada beberapa langkah yang harus diikuti. Pilihlah menu dan arahkan ke ‘setelan’. Selanjutnya, agar gambar du Google Earth dapat dimuat atau ditampilkan lebih cepat, maka pengguna bisa memilih opsi ‘ukuran cache memori. Selain itu, untuk mempercepat tampilan gambar, usahakan koneksi internet cukup memadai. Mudah, bukan?

Itulah 5 cara melihat Maps 3D dengan mudah yang dapat langsung dicoba dan dipraktekkan. Google Earth akan terus mengembangkan fitur canggih dan berkelas lainnya yang dapat diakses penggunanya. Semoga bermanfaat!