5 Cara Ekstrak File zip di Android Tanpa Aplikasi dengan Mudah

By

Cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Apakah zip itu? Zip pasti tidak asing bagi pekerja yang kerap melampirkan atau mendapat kiriman file dengan ukuran besar sampai beberapa GB serta banyak jumlahnya. Attachment file yang ukurannya besar dan berjumlah banyak sering kali gagal kirim karena melebihi kuota pengiriman internet. Solusinya file tersebut harus dikompres.

File yang telah dikompres tersebut yang dinamakan zip. Setelah berbentuk zip file akan lebih mudah dikirimkan. Hanya saja, bagaimana penerima membuka file yang berbentuk zip itu? Untuk membaca file kiriman yang berbentuk zip harus di ekstrak. Cara mengekstraknya ada pada tahapan di bawah ini:

1. Buka File Saya

Pengguna yang memakai komputer akan sangat mudah jika mau melakukan ekstrak file yang berekstensi zip karena pemakai tinggal klik kanan file berekstensi zip itu maka ada pilihan bertulis ekstrak yang bisa dipilih. Jika pengguna memakai ponsel android, ternyata tidak sulit cara menguraikan file zip walaupun tanpa memakai aplikasi karena ponsel masa kini sudah diperlengkapi alat guna menguraikan zip tersebut.

Sebenarnya langkah pertama dari cara ekstrak file zip di android bisa berbeda-beda tergantung dari ponsel android yang dipakai. Jika pengguna memakai ponsel Android merk Samsung, hendaknya dia mengklik “File Management” atau kadang-kadang file itu bernama “File Saya.” Untuk ponsel Android merk Xiaomi uang harus dibuka adalah “File Manager.

2. Carilah File RAR atau ZIP

Bila “File Manager” telah terbuka pengguna bisa mencari di antara file-file yang ada yang berekstensi .rar atau .zip. Dimana zip sendiri adalah bentuk file arsip yang dipakai secara umum guna memadatkan atau mengkompres satu atau banyak file secara bersama-sama. Kemudian file-file tersebut dijadikan satu tempat sehingga mereduksi ukurannya dari semua file itu sehingga file tersebut mudah dipindahkan lewat email.

3. Klik UNZIP

Setelah cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi pada nomor dua dilakukan, pengguna dapat menekan file RAR ataupun ZIP tersebut. Lalu pada pojok sisi kanan sebelah atas hendaknya pengguna memilih Unzip. Cara lainnya pengguna bisa mengklik dan menahan file berekstensi zip tersebut lalu memilih titik tiga yang juga terletak di sudut sebelah kanan paling atas. Setelah itu, pilih Unzip ataupun Unzip to current folder guna men-save hasil ekstrak.

4. Memilih Satu di Antara Dua Opsi

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah memilih satu diantara dua opsi yaitu “extract here” dan “extract file to“. Extract here maksudnya membebaskan seluruh file yang berada di dalam file RAR ataupun ZIP pada satu older yang sama. Semetara extract file to maksudnya menguraikan seluruh file yang ada dalam file berekstensi RAR atau ZIP ke folder tujuan yang bisa ditetapkan dengan bebas oleh pengguna.

5. Menanti Proses Ekstrak Selesai

Setelah langkah satu sampai empat dilakukan, yang harus dilakukan pengguna adalah menanti proses mengekstrak file tersebut sampai rampung. Inilah langkah terakhir dari cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi. Setelah proses selesai, pengguna bisa membuka satu persatu file yang sebelumnya berada di file RAR atau ZIP tadi. File-file yang tadinya dikompres itu bisa berformat pdf, word, excel atau lainnya.

Demikian lima cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi yang bisa pengguna terapkan di ponsel android masing-masing. Cara mengekstrak dan sebaliknya cara mengompres bila dilakukan di ponsel android. Hal ini tentu akan membantu pemilik ponsel agar membebaskan memori supaya tidak terlalu penuh dengan file berukuran besar.