5 Cara Cek Kecepatan Internet dengan Mudah

5 Cara Cek Kecepatan Internet dengan Mudah

Era digital saat ini menuntut kita untuk terhubung dengan koneksi internet. Bahkan kini internet bisa menjadi sumber pendapatan yang lumayan besar. Tapi terkadang pengguna merasa jengkel pada internet karena kecepatannya yang lemot dan sering gangguan. Lalu bagaimana cara cek kecepatan internetnya?

Gangguan internet mungkin terjadi karena beberapa kendala, mungkin karena cuaca, atau sinyal internet yang kurang bagus. Kamu harus coba untuk cek kecepatan internet agar tahu apakah internet yang kamu pakai stabil atau tidak.

Berikut cara cek kecepatan internet dengan mudah

Cara Cek Kecepatan Internet

1. Bandwith Place

Bandwith Place dapat dipakai dalam mengetahui kecepatan internet. Aplikasi ini dirilis oleh perusahaan layanan internet asal Houston, di Texas pada tahun 2002. Bandwith Place ini memberikan fitur untuk mengetahui Ping, Kecepatan download dan uploadnya.

Ping merupakan waktu respon ketika mengirim permintaan di internet. Semakin kecil pingnya, maka internet yang dipakai dalam pengiriman request semakin bagus, terutama dalam bermain game, ping ini sangat berpengaruh sekali dan sangat berfungsi pada game kompetitif multiplayer seperti RPG, dsb. Pengukuran ping dilakukan dengan ms. Situsnya dapat kamu akses melalui https://www.bandwithplace.com/

2. Fast.com

Yang kedua yakni fast.com, situs ini dirilis oleh Netflix, yakni situs berbayar untuk menonton video. Fast.com ini memakai server dari Singapore yang tentunya untuk mengetahui kecepatan internet yang mungkin akan kamu pakai untuk menonton video di Netflix. Situs nya seperti yang ditulis yakni https://fast.com

3. Speedtest.net

Ketiga yakni sering banyak digunakan, situs spedtest yang dikembangkan oleh perusahaan Ookla asal Montana, dari Amerika Serikat. Situs ini dapat mengukur kecepatan internet baik dari data seluler maupun koneksi wifi.

Pilihan server yang dituju untuk mengecek ping dan download upload pun banyak pilihan. Layanan speedtest dapat kamu pakai di handphone atau pc, apabila di handphone, bisa kamu unduh melalui playstore dan apabila di PC kamu bisa kunjungi situs https://speedtest.net.

4. Meter.net

Situs keempat yaitu meter.net. Situs ini tentunya dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan internet. Situs ini hampir mirip dengan layanan speedtest dari fiturnya. Proses pengecekan kecepatan internet dalam situs ini memerlukan waktu 30 detik, berbeda dengan speedtest yang menyesuaikan kestabilan internetnya. Apabila di speedtest proses pengecekannya bisa lebih cepat atau lambat tergantung dari stabilnya internet yang dipakai. Situs untuk mengakses layanan meter.net adalah https://meter.net

5. Speed Smart

Terakhir yaitu situs speed smart. Dapat kamu akses secara bebas melalui situs https://speedsmart.net. Durasi pengecekan kecepatan internet pada situs ini mungkin agak lama dari meter.net yakni memerlukan waktu 40 detik untuk menampilkan hasil dari ping, download speed dan upload speed.

Nah, itulah 5 cara cek kecepatan internet dengan mudah yang bisa kamu lakukan.