4 Tips Membeli Hardisk Eksternal yang Tepat

By

Tips membeli hardisk – Hardisk adalah salah satu komponen penting PC ataupun laptop kamu karena apabila tidak ada hardisk kamu tidak bisa menyimpan data yang kamu miliki, bahkan jika tidak mempunyai hardisk maka tidak akan bisa menginstall OS atau Sistem Operasi pada PC ataupun laptop. Terlebih lagi hardisk sangat bagus untuk kamu yang memiliki data dengan ukuran besar karena penyimpanan hardisk sendiri memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari yang terkecil 120 GB sampai yang terbesar 2 TB. Bagaimana jika penyimpanan hardisk kamu penuh? Maka salah satu solusinya, kamu bisa membeli hardisk eksternal. Pada kesempatan kali ini carapedi.id akan memberikan tips bagaimana cara membeli hardisk ketika membeli agar mendapatkan kualitas yang kalian sesuai dengan kebutuhan kalian. Berikut tips yang dapat kalian gunakan

Tips Membeli Hardisk yang Tepat

1. Perhatikan kecepatan rotasi dari hardisk

benjamin lehman GNyjCePVRs8 unsplash
Photo by benjamin lehman on Unsplash

Tips membeli hardisk yang pertama yaitu dengan memperhatikan RPM. Mungkin hal ini tidak semua orang mengetahuinya. RPM adalah revolutions per minute yang menjadi satuan untuk mengukur tingkat kecepatan berputar dari piringan hardisk , pada umumnya hardisk memiliki kemampuan membaca data berkisar antara 4200, 5400, 7200 hingga 10.000 RPM. Semakin besar nilai RPM pada hardisk, maka akan semakin cepat pula hard disk dapat memproses data-data yang ada di dalamnya. Maka pilihlah hardisk eksternal dengan RPM yang nilainya besar.

2. Perhatikan kecepatan transfer data

Memperhatikan kecepatan transfer data merupakan tips membeli hardisk yang harus kamu lakukan. Pada umumnya kecepatan transfer data yang dimiliki oleh hardisk eksternal sekitar 100-200MB/s. Apabila kecepatan lebih rendah dari itu, maka akan semakin lambat hard disk itu mentransfer data. Maka disarankan kamu untuk memilih dan memperhatikan hardisk dengan kecepatan transfer yang tinggi.

3. Pastikan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan

mishaal zahed D Nm4ejZSqE unsplash
Photo by Mishaal Zahed on Unsplash

Tips membeli hardisk berikutnya yaitu menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan. Kapasitas penyimpanan merupakan hal yang sering orang pertimbangkan ketika membelinya. Oleh karena itu kamu perlu menyesuaikan kapasitas penyimpanan dari hardisk dengan kebutuhan kamu. Saat ini kapasitas penyimpanan hardisk eksternal yang umum dijual dimulai dari 500GB, 1 TB, dan 2 TB, jadi membeli sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

4. Sesuaikan dengan budget

external hard drive mini
gamingweekender.com

Harga dari sebuah hardisk eksternal memang bervariasi. Nah, harga dari hardisk eksternal dengan ukuran 500 GB berkisar 500 ribu sampai 600 Ribu. Sedangkan harga untuk hardisk dengan ukuran 1 TB berkisar 700 ribu sampai 1 juta. Jadi pastikan sesuaikan dengan budget kamu ya.

Nah itulah beberapa tips membeli hardisk yang dapat kamu gunakan, sebelum membeli hard disk alangkah baiknya lihat dulu seberapa besar budget yang kamu punya dan pastikan membeli sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Semoga tips tadi bermanfaat bagi kamu ya.