4 Tips Cara Mengoptimalkan Penggunaan Monitor Ganda Pada Komputer

By

'

Monitor Ganda — Monitor sangat penting keberadaannya bagi pengguna komputer. Bahkan terkadang, seseorang membutuhkan lebih dari 2 monitor untuk 1 komputer.

Dengan menggunakan 2 monitor, pekerjaan yang dilakukan pun menjadi lebih leluasa. Kita bisa mengetik dokumen di monitor pertama, dan googling referensi di monitor kedua.

Atau bagi gamer, biasanya menggunakan satu monitor untuk bermain game, dan monitor lainnya untuk chatting di discord. Kali ini Carapedi akan memberikan tips cara mengoptimalkan penggunaan monitor ganda di komputer.

Tips Cara Mengoptimalkan Penggunaan Monitor Ganda Pada Komputer

kelvin design uk WYTR8o DQo unsplash
Photo by Kelvin Design UK on Unsplash

1. Sesuaikan Tampilan.

Jika monitormu memiliki model dan merek yang sama, kamu tidak perlu melakukan tips yang pertama ini. Karena monitormu akan disesuaikan secara otomatis.

Namun jika kamu memiliki 2 monitor dengan resolusi berbeda (misalnya monitor 4k dan monitor 1080p), perlu dilakukan beberapa penyesuaian.

Caranya, klik kanan pada desktop, lalu pilih Display Settings. Di bagian Rearrange your display, klik dan drag persegi panjang sampai posisinya cocok dan sesuai. Selanjutnya Scroll ke bawah sampai bagian Scale and layout untuk menyesuaikan resolusi layar monitor.

2. Sesuaikan Taskbar

2 monitor - monitor ganda

Secara default, Windows akan menampilkan taskbar di kedua monitor. Namun, kamu bisa menyesuaikannya sesuai keinginan. Caranya, klik kanan pada taskbar lalu pilih Taskbar Settings. Scroll ke bawah hingga bagian Multiple Displays.

Aktifkan pilihan Show taskbar on all displays untuk menampilkan taskbar di kedua monitormu. Sebaliknya, matikan opsi tersebut jika kamu hanya ingin melihat taskbar di monitor pertama.

3. Gunakan Wallpaper Khusus Untuk Monitor Ganda

2 monitor - monitor ganda

Jika ingin membuat monitormu memiliki wallpaper yang sama dan saling berhubungan, hal itu bisa dilakukan dengan mudah. Setelah memiliki wallpaper khusus untuk layar ganda, klik kanan di desktop lalu pilih Personalize. Cari gambar atau folder yang sudah ditentukan, lalu ubah tampilan wallpaper menjadi Span.

4. Pelajari Tombol Shorcuts

Ada beberapa keuntungan menggunakan shortcuts, khususnya ketika memiliki monitor ganda. Kamu bisa berpindah dari satu program ke program lainnya dengan lebih mudah dan cepat.

Berikut ini adalah contoh shortcut Windows 10:

  • Win + (kiri) dan Win + (kanan): Memindakan window yang sedang aktif ke sebelah kiri atau kanan monitor.
  • Win + (atas) dan Win + (bawah): Window yang sedang aktif akan berpindah posisi ke bagian atas atau bawah.
  • Shift + Win + (kiri) dan Shift + Win + (kanan): Memindahkan window yang aktif ke monitor lain di sebelah kiri atau kanan.
  • Shift + Win + (atas): Maximize window yang sedang aktif secara vertikal. Shortcuts ini sangat berguna ketika monitormu tidak memiliki taskbar.
  • Win + Home: Minimize semua windows selain window yang sedang aktif. Tekan lagi untuk mengembalikannya seperti semula.

Shorcuts di atas sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas. Kamu bisa mencobanya sendiri untuk lebih memahami fungsinya.

Itulah artikel tentang tips cara mengoptimalkan penggunaan monitor ganda di komputer. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.