4 Cara Menghemat Battery Android agar Tahan Lama

By

Para pengguna ponsel Android kerap kali mengluhkan masalah battery ponsel yang boros. Jika Anda mengalami masalah yang serupa, maka ketahuilah 4 cara menghemat battery Android agar tahan lama sebagaimana berikut ini.

1. Mengaktifkan Dark Mode

Cara yang pertama yaitu dengan mengaktifkan fitur dark mode/mode gelap. Fitur ini akan membantu battery ponsel agar menjadi tahan lama, khususnya untuk ponsel dengan jenis layar OLED  dan mode ini juga nyaman di mata.

Piksel pada layar OLED akan mati jika Anda menggunakan warna hitam, sehingga membuat battery menjadi lebih awet daripada menggunakan mode terang. Gunakanlah fitur dark mode ini ke beberapa aplikasi yang telah memiliki fitur tersebut, seperti WA, Instragram, Youtube, dan lain sebagainya.

Dark Mode mampu membuat daya baterai lebih hemat karena piksel akan mati jika tampilan layar OLED berwarna hitam. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Dark Mode di beberapa aplikasi, seperti Whatsapp, untuk lebih efektif dalam mengehmat daya baterai.

2. Non-aktifkan Fitur GPS

Menon-aktifkan GPS juga salah satu cara menghemat battery Android agar tahan lama. GPS mempunyai fungsi untuk melacak lokasi pengguna dengan real-time. Maka dari itu, jika diaktifkan terus-menerus maka akan menguras battery pada ponsel.

Jadi, aktifkanlah fitur ini apabila Anda memang sedang membutuhkannya, seperti sedang mencari sebuah tempat atau menggunakan aplikasi yang memang membutuhkan GPS.

3. Menghindari Penggunaan Wallpapers dan Widgets Bergerak

Menggunakan wallpapers dan widgets yang bergerak memang sangat menarik. Namun, hal tersebut bisa membuat battery ponsel menjadi lebih boros. Oleh karena itu, jika ingin menghemat daya battery pada ponsel, sebaiknya hindari penggunaan hal-hal tersebut.

4. Mengaktifkan Power Saving Mode

Cara menghemat battery Android agar tahan lama selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan mengaktifkan Power Saving Mode. Mode ini sudah terbukti ampuh untuk menghemat daya battery.

Khususnya, mode ini biasanya digunakan saat battery ponsel sedang dalam keadaan kritis. Dengan mengaktifkan mode ini, maka pemakaian battery akan menjadi lebih panjang dan bisa mengurangi penggunaan CPU, kecerahan layar, dan penggunaan jaringan.