4 Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop

By

'

Pada masa kini, dokumen dengan format PDF menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Terutama pada urusan resmi, seperti mengirimkan lamaran pekerjaan, tugas sekolah dan sebagainya. Tetapi karena terbatasnya penyimpanan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, setiap pelamar memiliki batas ukuran file PDF tertentu yang bisa dikirim. Untuk menghindari gagalnya pengiriman dokumen karena ukuran filenya terlalu besar, oleh karena itu kita perlu mengetahui cara mengecilkan ukuran pdf, baik itu di HP ataupun laptop.

Cara Mengecilkan Ukuran PDF

Beberapa Cara untuk memperkecil ukuran file PDF akan kami ulas pada artikel kali ini dengan menggunakan beberapa aplikasi baik itu secara online ataupun offline.

1. Menggunakan PDF Compressor

Cara Pertama kalian bisa coba gunakan aplikasi compressing yang bernama PDF Compressor. Salah satu program yang cukup populer untuk memperkecil ukuran PDF. Aplikasi ini tersedia versi gratis dan berbayar. Kalian bisa mencoba mengunduhnya pada situs https://pdfcompressor.com/.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Hanya dengan memasukkan file PDF yang ingin diperkecil, kemudian melakukan sedikit pengaturan kualitas, dan mulai compressingnya. Pengaturan kualitasnya cukup simpel, yaitu hanya ada default, fastest, dan maximum. Bagi kalian yang ingin mengecilkan ukuran PDF pada level terkecil, bisa pilih Maximum. Namun apabila kalian ingin mengutamakan kualitas yang terbaik, bisa kalian pilih Default.

2. Menggunakan Situs Compress PDF Online

Apabila kalian tidak ingin repot menginstall aplikasi di laptop karena penyimpanan kalian hampir penuh, maka bisa coba menggunakan situs memperkecil ukuran file pdf secara online. Salah satu website yang menyediakannya adalah EasePDF.

EasePDF merupakan situs sederhana yang memiliki banyak fitur tentang PDF, salah satunya memperkecil ukuran PDF. Situs ini dapat memperkecil ukuran sesuai yang kalian inginkan dengan mengaturnya pada situs tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi Nitro

Selain aplikasi Adobe Acrobat yang sudah sering digunakan, NitroPDF pun menjadi salah satu aplikasi PDF editor terbaik yang digunakan. Terdapat banyak metode yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF, mulai dari menghapus objek sampai mengecilkan ukuran gambarnya.

4. Mengubah ke Bentuk RAR/ZIP

Cara terakhir mungkin anda bisa lakukan dengan mengubah filenya menjadi ZIP/RAR. Metode ini sangat efisien apabila ingin mengirimkan file PDF tapi tidak mengubah kualitas isi pada dokumen tersebut. Cara ini pun dapat menyatukan banyak PDF yang ukurannya cukup besar menjadi ukuran lebih kecil dari keseluruhan file semula. Aplikasi untuk mengubah ke bentuk RAR/ZIP ada banyak, bisa kalian gunakan aplikasi WinRAR pada laptop atau 7-Zip.

Setelah melakukan banyak cara di atas, kalian coba pastikan kembali file yang telah dikompress menggunakan aplikasi PDF Reader, seperti Adobe Reader atau Foxit Reader. Hal tersebut untuk memastikan bahwa file yang telah kamu kompress tidak blur ketika akan dikirimkan.

Nah, begitulah 4 cara memperkecil ukuran pdf yang bisa kalian coba di laptop. Semoga cara-cara di atas cukup efektif untuk mempermudah pekerjaan kalian.