4 Cara Mengatasi Wifi Indihome yang Lemot

By

Koneksi indihome lemot sudah menjadi suatu permasalahan yang biasa. Terutama bagi pengguna wifi rumahan dari plat merah ini. Walaupun indihome ini termasuk ISP (Internet Service Provider) terluas dan terbesar di Indonesia, tetap saja ada suatu kecacatan yakni koneksi yang tidak stabil. Lalu bagaimana cara mengatasi wifi indihome yang lemot? Berikut adalah caranya.

Cara Mengatasi Wifi Indihome yang Lemot

Indihome mengalami lemot mungkin bukan hanya sekedar dari koneksi pusatnya saja, melainkan bisa saja dari berbagai pengaruh yang lainnya yaitu dari pengguna itu sendiri, seperti

  • Pengguna yang aktif pada wifi terlalu banyak
  • Router yang dipakai mengalami overheat/panas berlebihan
  • Jarak device dengan wifi cukup jauh
  • Cuaca di daerah lumayan buruk
  • Kabel UTP yang lumayan jauh
  • dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa kalian coba lakukan sendiri di rumah. Di bawa ini ada 4 cara untuk mengatasi wifi indihome yang lemot.

1. Restart Router yang Dipakai

Router bisa saja menjadi penyebab utama wifi menjadi lemot. Karena semua aktivitas pada Wifi dikerjakan oleh router. Jika Router mengalami overheat atau panas, biasanya router akan berhenti atau mengurangi kinerja wifi agar suhu pada router itu sendiri bisa turun. Dan ketika suhu turun kembali, koneksi wifi akan kembali berjalan normal.
Nah untuk mengatasi agar router terus berjalan normal, kalian harus melakukan restart pada router supaya kinerja diberhentikan sementara selagi direstart, sehingga suhu/temperatur pada router menurun.

Bisa juga kalian gunakan router tambahan yang lebih bagus, karena router yang dipakai Indihome merupakan router yang bisa dibilang kurang bagus, yang menyebabkan router cepat panas. Kalian bisa gunakan router tambahan dengan merk yang bagus yang bisa melakukan kinerja tinggi 24 jam tanpa mengalami temperatur tinggi.

Pastikan juga router berada di tempat yang suhu ruangan rendah agar temperatur pada router tersebut tidak meningkat drastis akibat suhu ruangan yang lumayan tinggi.

2. Batasi Jumlah Pengguna

Cara kedua yaitu membatasi jumlah pengguna. Sebenarnya ini sudah diperingatkan oleh Indihome sebelum kamu memulai memasangnya. Setiap paket kecepatan internet memiliki batasan pengguna, seperti pada paket 10Mbps, disarankan untuk 2-3 pengguna saja dan seterusnya. Kamu bisa cek langsung di website resmi Indihome yaitu https://indihome.co.id

Alasan untuk membatasi pengguna karena bandwith yang melebihi batas, misalnya jika paket 10Mbps dipakai 10 orang, maka bandwith kecepatan 10Mbps itu akan saling ditarik satu sama lain yang menyebabkan koneksi wifi terganggu.

3. Gunakan Repeater

Cara ketiga yaitu menggunakan repeater. Untuk cara ini, bisa kalian pakai jika jarak router ke device yang digunakan cukup jauh. Misalkan router berada di ruang tamu, dan kamu sedang memakai wifi di kamar lantai 2 atau 3. Hasilnya, sinyal wifi yang ditangkap pun akan sedikit dan menyebabkan koneksinya lambat. 

Dengan adanya repeater tambahan, wifi yang berada di ruang tamu, bisa disebarkan lagi pada repeater yang misalnya di simpan di kamar kamu. Jadi jangkauannya akan semakin meluas dan sinyal pada wifi pun akan stabil tinggi. 

Tetapi walaupun menggunakan repeater, kamu tentunya harus mempertimbangkan paket indihome yang dipilih, jika pengguna banyak sebaiknya memilih paket indihome yang lebih besar.

4. Upgrade Kecepatan yang sedang Digunakan

Cara terakhir yaitu meningkatkan kecepatan Indihome. Cara ini bila ketiga cara di atas tetap mengalami lemot. Biasanya bandwith batasan yang dipakai sudah melebihi limit yang diberikan (FUP). Dengan meningkatkan kecepatan internet indihome, kamu akan mendapatkan batasan limit yang lebih besar dan kecepatan yang lebih besar pula.

Maka dari itu, pilihlah paket dan kecepatan yang sesuai dengan pola kehidupan kalian agar tidak mengalami hal-hal seperti ini sekaligus menghindari pola-pola kejadian lemot yang dituliskan di atas.

Akhir Kata

Itu dia 4 cara mengatasi wifi indihome yang lemot ya. Hal ini pun tetap berlaku pada ISP lain, bukan hanya Indihome saja. Jadi hal yang wajar ketika koneksi wifi mengalami lemot.

Sekian artikelnya semoga bermanfaat.