4 Cara Mengatasi Baterai Ponsel Tiba-Tiba 1%

By

4 Cara Mengatasi Baterai Ponsel Tiba-tiba 1% –

Ponsel baru saja dinyalakan, kok baterainya tiba-tiba jadi 1%? Padahal tadi sudah di charger? Tidak tahu penyebabnya dan tidak tahu juga cara mengatasinya. Mungkin ada beberapa orang yang masih mengalami hal serupa. Beruntung sekali untuk kamu yang membaca keluhan di atas, karena kali ini admin akan membahas cara mengatasi permasalahan tersebut.

Fungsi baterai pada ponsel tentu sangat dibutuhkan, karena sifat dari handphone memang di desain portable. Lain halnya dengan komputer yang harus selalu terhubung dengan arus listrik agar bisa menyala, Rupanya handphone menggunakan teknologi baterai agar lebih efisien dan mudah dibawa kemana saja.

Namun, tidak semata-maya hal tersebut selalu berdampak baik. Penggunaan baterai pun memiliki sisi kekurangan. Salah satu diantaranya adalah permasalahan yang tadi sudah di sebutkan, yakni ketika handphone dinyalakan, tiba-tiba baterainya menjadi 1% meskipun sebelumnya sudah di charger.

Jelas ini sangat memperihatikan, terlebih jika kamu sedang dalam keadaan darurat di luar ruangan lantas tidak membawa kabel charger. Pastinya akan kesusahan dan fungsi handphone yang tadinya untuk kemudahan di berbagai tempat, malah jadi kesialan karena permasalahan pada baterai.

Maka dari itu, kali ini Carapedi.id akan memberikan ulasan mengenai penyebab dan 4 Cara Mengatasi Baterai Ponsel Tiba-Tiba 1%. Simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Baterai Ponsel Tiba-Tiba 1%

Tidak akan ada masalah, jika tidak disertai penyebabnya. Begitu pula dengan permasalahan baterai ponsel ini. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan fungsi baterai tersebut tidak stabil, diantaranya :

  • Pemakaian Ponsel Berlebih Sehingga Menguras Daya Baterai.
  • Pengisian Daya Terlalu Berlebihan Ataupun Terlalu Kurang.
  • Terjadi Galat Pada Sistem Ponsel.
  • Ada Kerusakan pada Baterai.
  • Umur Baterai Yang Sudah Tua.

Sebab-sebab diatas memang kerap kali jadi kebiasaan dan dianggap hanya hal sepele, padahal jika terus-menerus dilakukan tidak akan berdampak baik dan tentu saja membuat umur baterai tidak lama.

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur mengalami akibatnya? jangan panik dulu, Lakukan cara-cara ini untuk mengatasinya.

4 Cara Mengatasi Baterai Ponsel Tiba-tiba 1%

1. Update Google Play Services

4-cara-mengatasi-baterai-ponsel-tiba-tiba-1
Google Play Service – APKPure

Tak banyak yang tahu jika layanan Google yang digadang-gadang sangat baik, tetap memiliki kelemahan. Pasalnya  pusat layanan ponsel atau Google Play Services kerap ditemukan bug yang membuat baterai dengan cepat terkuras. Langkah untuk mengatasinya adalah :

  • Buka Pengaturan/Setting pada ponsel-mu.
  • Klik menu Baterai.
  • Dan cari opsi Show Full Device Usage. Setiap ponsel memilki nama dari menu yang berbeda, namun pada intinya langkah tersebut untuk menampilkan semua aplikasi layanan google yang berjalan di ponsel.
  • Selanjutnya, jika ditemukan aplikasi Google Play Services, maka itulah penyebabnya.
  • Perlu untuk kamu mengecek versinya agar bisa melakukan upgrade.
  • Setelah dilakukan cek, upgrade versi tersebut ke yang lebih baru atau satu langkah yang lampau menggunakan situs APKPure ataupun APKMirror.

Jika seandainya pada langkah di atas kamu tidak menemukan Google Play Services, kemungkinan masalah baterai tadi tidak disebabkan oleh hal ini. Cobalah cara kedua untuk mengatasinya.

2. Jangan Aktifkan Fitur Fast Charging

Fast Charging adalah sebuah fitur yang di sediakan oleh beberapa handphone agar waktu pengecasan menjadi cepat kilat. Tapi ketahuilah bahwa fitur ini ternyata berpengaruh pada kerusakan baterai, karena handphone menjadi panas dan dampak buruknya merusak baterai.

Maka dari itu, ada baiknya tidak perlu untuk mengaktifkan fitur ini. Pakailah cara manual dan bersabar ketika melakukan charging agar baterai handphone tetap dalam keadaan normal.

Baca Juga : Rekomendasi Handphone 5G Dengan Harga 2 jutaan

3. Kembalikan Ke Setelan Pabrik

Cara yang ketiga adalah mengembalikan sistem handphone ke setelan pabrik. Namun perlu diketahui bahwa ketika melakukan hal ini, nantinya semua data dari mulai foto, audio musik, file berkas dengan berbagai format hingga semua data yang sudah terdaftar di handphone akan terhapus. Maka sebelum melakukan cara ini, lakukan back-up terlebih dahulu ke penyimpanan eksternal supaya data lebih aman.

Berikut langkah-langkah melakukan proses pengembalian ke setelan pabrik :

  • Pergi ke Pengaturan/Setting pada handphone.
  • Pilih menu Sistem.
  • Klik opsi Setel Ulang atau Cadangan & Atur Ulang tergantung handphone.
  • Lalu pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Setelah itu, kamu akan di minta memasukkan password pada handphone agar bisa dilakukan prosesnya.

4. Ganti Baterai Ke Yang Baru

Cara ke empat ini bisa di bilang cara yang paling akhir. Seperti yang sudah diketaui pada penyebabnya tadi, masalah baterai terkuras jadi 1% bisa di akibatkan karena baterai handphone memang sudah rusak.

Tentu saja kamu harus beli yang baru. Dan di sarankan untuk membeli yang original disesuaikan dengan merk handphone. Meskipun kedengarannya lebih mahal, tapi hal ini akan berdampak baik pada handphone.

Itulah ulasan seputar penyebab dan cara mengatasi baterai ponsel yang tiba tiba 1%. Jangan panik dan buru-buru ke tukang servis. Ketahuilah dulu penyebabnya sebelum melakukan beberapa tips diatas.

Sekian artikel dari admin, semoga bermanfaat dan tunggu konten menarik lainnya hanya di Carapedi.id