4 Cara Membuat Surat Pindah Online 2021 [Lengkap]

4 Cara Membuat Surat Pindah Online 2021 [Lengkap]

Ketika Anda ingin pindah domisili dari Desa, Kecamatan atau bahkan antar kabupaten dan Provinsi, maka Anda harus mengurus surat perpindahan domisilinya. Sekarang Anda bisa mengurus aplikasi surat pindah ini secara online. Sudah tahu bagaimana cara membuat surat pindah online?

Proses pengajuan surat pindah online ini di mulai dari pengisian formulir F-1.01 hingga formulir F-1.16 dari RT/RW hingga desa/kelurahan dan kecamatan tempat tinggal asal hingga menguploadnya ke server disdukcapil.

1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Prosedur cara mengurus surat pindah secara online ini harus mempersiapkan beberapa data yang akan dibutuhkan. Beberapa dokumen yang harus disiapkan, yaitu:

2. Urus Data Perpindahan dari Tempat Lama

Agar Anda bisa pindah ke tempat baru, maka Anda harus urus surat perpindahannya dari tempat lama Anda terlebih dahulu. Surat pengantar ini akan dibutuhkan untuk diunggah ke server disdukcapil.

Data yang diunggah ke sever disdukcapil ini adalah formulir F-1.16 yang sudah ditandatangani oleh lurah dan camat setempat, prosesnya sebagai berikut:

3. Upoad Formulir F-1.16 ke Server Disdukcapil

Jika formulir F-1.16 sudah ditandatangani oleh lurah dan camat setempat, maka Anda tinggal upload Formulir tersebut ke server disdukcapil.

Cara Membuat Surat Pindah Online

Halaman Web Disdukcapil Kabupaten Garut

Cara Membuat Surat Pindah Online

Fitur Layanan di Situs Disdukcapil

4. Kunjungi Kantor Desa/Kelurahan Tempat Tujuan Pindah

Proses cara membuat surat pindah Online selanjutnya adalah tinggal langsung laporan ke kantor desa atau kelurahan tempat tujuan Anda pindah. Data yang Anda input ke server dukcapil tadi akan muncul pengajuan di server dukcapil tujuan pindah.

Namun, Anda harus datang ke kantor desa dan kecamatan tempat pindah sebagai bukti verifikasi keabsahan data perpindahannya. Pihak desa/kelurahan akan meminta bukti fisik surat pengantar perpindahan Anda.

Prosedur cara membuat surat pindah Online ini tidak dipungut biaya sama sekali. Baik saat meminta surat pindah dari kantor desa ataupun meminta tanda tangan dari pihak kecamatan.

Apabila Anda dimintai biaya atas proses pembuatan surat pindah ini, maka segera laporkan ke dinas terkait. Di Jawa Barat sudah ada aplikasi Siberli yang bisa dipasang pada ponsel atau akses di situs http://www.siberli.jabarprov.go.id/.