4 Cara Membuat File RAR di Android dan Zip dengan Mudah

By

Format Zip dan rar ialah solusi yang dapat diaplikasikan untuk meringkaskan beberapa file dengan cara memanfaatkannya. Aktivitas membuat file rar saat ini tidak hanya dapat dilakukan dengan perangkat komputer saja, sekarang menggunakan hp juga bisa. Namun tidak semua orang mengetahui cara membuat file rar di android, oleh karena itu artikel ini akan menjelaskannya sebagaimana berikut:

1. Membuat RAR dari RARLAB

Aplikasi rar pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat umum pada tanggal 15 Feb 2014. Seperti klaimnya yang menyatakan all-in-one kompresi, aplikasi ini bisa pula digunakan untuk mengkompresi data ke dalam format rar dan zip. Pada bagian luar, digunakan untuk membuat file rar, aplikasi ini juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai pembongkar  file zip dan rar.

Bisa juga untuk memperbaiki file dengan tersebut yang mengalami kerusakan. Pengguna juga bisa berpartisipasi untuk menerjemahkan aplikasi rar ke dalam berbagai bahasa di seluruh dunia. Respon pengguna terhadap terbilang baik, hal ini dapat dilihat dari rating 4,5 yang didapatkannya di Google Play Store.

Banyak pengguna yang merasa terbantu melalui aplikasi yang dihadirkan oleh perusahaan RARLAB ini. Tampilan yang diberikan juga cukup sederhana, cara penggunaannya pun mudah. Bagi yang belum tahu cara menggunakannya, berikut tahapan mengenai cara menggunakan aplikasi Rar:

  • Langkah pertama yang tentu sangat wajib dan harus dilakukan adalah mengintal aplikasi Rar
  • Buka aplikasi dan kemudian file atau folder yang ingin di kompres, kemudian beri centang
  • Tekan tombol kotak yang bertanda plus (+) pada bagian atas layar
  • Selanjutnya, pilih opsi rar sebagai format file
  • Jika ingin memberi sandi, maka pilih opsi atur opsi yang tersedia kemudia antur sandi yang diinginkan
  • Yang terakhir adalah pilih Ok dan tunggu proses kompres selesai

2. Buat File Rar Menggunakan Root Explorer

Meskipun ada kata ‘root’ tapi aplikasi ini tidak perlu melakukan root untuk memanfaatkan Root Explorer. Root Explorer merupakan file manager utama untuk pengguna root dan memiliki akses untuk seluruh sistem pada ponsel. Untuk dapat mengunduh dan memasang aplikasi ini, pengguna harus mengeluarkan dana sebesar lima puluh ribu rupiah. Namun rasanya biaya yang dibayarkan ini sebanding dengan semua fitur dan kemudahan yang dapat dinikmati oleh pengguna.

Seperti biasa, dibalik semua kelebihan yang dimilikinya, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan ini hanya dapat dirasakan oleh pengguna dari Indonesia yang tidak menguasai Bahasa Inggris, karena aplikasi ini tidak memiliki pilihan Bahasa Indonesia. Kekurang yang tidak sepenuhnya kurang.

3. Menggunakan ZArchiver

ZArchiver memiliki tampilan sederhana sehingga memudahkan pengguna. Tersedia berbagai opsi format yang dapat dipilih oleh pengguna dengan gratis, yaitu 7zip, zip, bzip2, tar. Sayangnya ZArchiver hanya bisa digunakan ponsel yang memiliki versi sistem operasi minimal Android 9. Aplikasi ini masih terus melakukan pembaruan dari sejak pertama kali diluncurkan.

4. Fitur bawaan Hp

Cara membuat file rar di Android selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fasilitas bawaan. Beberapa merk hp, seperti Oppo dan Xiaomi, memiliki fitur bawaan untuk mengubah dan membuat file dengan format rar. Untuk ponsel Xiaomi bisa dengan cara menekan lama file yang diinginkan, kemudian memilih menu lainnya. Setelah itu pilih opsi kompres kemudian klik OK dan tunggu proses selesai. Ponsel Oppo juga memiliki cara yang hampir sama untuk mengubah file menjadi ZIP.

5. CloudConvert

Cara mudah terakhir adalah dengan menggunakan website yang beredar gratis di internet. Salah satu website yang dapat digunakan CloudConvert. Selain bisa untuk kompres file, website ini juga dapat digunakan untuk mengubah format video, audio, bahkan vector.

Kemudahan sekarang tersebar dimana-mana dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Hanya membutuhkan sedikit effort untuk mengubah format file. Demikian adalah cara membuat file rar di android dan zip yang dapat dilakukan dengan mudah. Zip dan Rar memiliki sedikit perbedaan, rar bisa mengkompresi file hingga 70% dari ukuran asli, sedangkan zip 60%. Semoga bermanfaat.