3 Tips Memilih SSD yang terbaik saat Membelinya

By

SSD yaitu Solid State Drive yang dimanfaatkan karena mampu memberikan kecepatan pada perangkat yang ditempelinya. Jika sebelumnya ada HDD, maka SSD adalah pilihan terbaik, karena SSD tidak memberikan efek panas seperti HDD. Tips memilih SSD yang terbaik akan diuraikan dalam penjelasan di bawah ini.

Tips Memilih SSD Yang Terbaik Sebelum Membeli

Kebanyakan orang ketika membeli SSD hanya berfokus pada performa SSDnya saja. Akan tetapi, kecocokan terhadap perangkat yang akan ditempatinya tidak begitu diperhatikan. Agar lebih memahami, berikut adalah beberapa tips memilih SSD terbaik:

1. Pilih SSD Sesuai Interface Terminal

Dengan memperhatikan jenis kabel pada SSD akan memberikan kemudahan dalam memilih SSD terbaik yang cocok. Karena pada beberapa PC model lama masih ada yang memakai jenis kabel IDE. Sedangkan pada PC terbaru sudah memakai jenis kabel SATA.

Untuk itu perhatikan interface terminal terlebih dahulu agar lebih mudah memilih SSD yang cocok. Tipe IDE memghubungkan kabel yang memiliki bentuk pipih dan lebar, dengan konektor yang mempunyai beberapa pin dalam PC. Sedangkan tipe SATA memiliki ukuran kecil berbentuk huruf L pada bagian kepala kabel.

2. Pilih Sesuai Ukuran

Layaknya SSD yang memiliki jenis ukuran berbeda untuk digunakan di PC dan laptop. SSD pun memiliki ketebalan yang berbeda, meski memang ukurannya seragam. Untuk itu perhatikan ukuran SSD sebelum membali akan membantu menemukan yang pas dan cocok sesuai ukuran dengan perangkatnya.

3. Pilih Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Apabila membutuhkan SSD hanya untuk menyimpan beberapa file saja pilihlah kapasitas rendah atau sedang. Berbeda dengan seorang kreator yang membutuhkan daya simpan tinggi. Karena semakin besar kapasitas yang ditawarkan akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Jadi, pilihlah SSD yang sesuai dan mampu menutupi semua kebutuhan. Dengan catatan, SSD yang telah dipilih mempunyai kemampuan read and write yang cepat. Karena kecepatan ini dapat dimanfaatkan untuk menyeimbangkan kinerja laptop atau PC

Itulah beberapa tips memilih SSD yang terbaik yang bisa digunakan sebelum memutuskan membeli sebuah SSD. Jadi, tidak ada lagi alamat salah pilih SSD yang membuat SSD tidak bisa terpakai di perangkat PC atau Laptop. Semoga informasi ini bermanfaat.