3 Tips Cara Root HP Android

By

Cara Root HP Android — Saat ini, lebih dari 90% masyarakat Indonesia menggunakan sistem operasi Android dibandingkan IOS. Persentase yang tinggi ini tentu menjadikan android sebagai sistem operasi yang paling dikenal. Semakin banyak android digunakan di Indonesia, maka semakin banyak yang penasaran kegunaannya secara keseluruhan.

Root adalah proses pemberian izin secara penuh kepada pengguna android. Saat ini, root paling sering digunakan untuk melakukan modifikasi sistem operasi, aplikasi, maupun game (cheat).

KEUNTUNGAN ROOT HP ANDROID

Dengan melakukan root pada hp android, kita akan mendapatkan akses penuh pada sistem operasi. Hal ini memungkinkan kita untuk mengubah dan memodifikasi apa saja yang ada di dalamnya.

Akses root biasanya diperlukan oleh aplikasi-aplikasi yang memerlukan izin khusus. Izin tersebut biasanya bersifat sensitif. Artinya, sangat tidak dianjurkan bagi seorang pemula untuk melakukan root hp android, karena bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem operasi.

KERUGIAN ROOT HP ANDROID

1. Beresiko Terkena Virus atau Malware.

Melakukan root hp android bagaikan pisau bermata dua. Maksudnya bisa jadi hal tersebut menguntungkan, namun bisa juga merugikan. Beberapa malware cenderung mengincar perangkat yang sudah memiliki akses root, dan memungkinkan terjadinya kerusakan sistem operasi.

2. Merusak Garansi.

Beberapa brand melarang modifikasi sistem operasi (root) karena dapat merusak perangkat. Oleh karena itu, mereka tidak akan bertanggung jawab jika kamu melakukan root pada hp android.

3. Tidak Dapat Melakukan Pembaruan Secara Langsung.

Ketika muncul pembaruan sistem operasi baru, pengguna hp root tidak dapat langsung memperbaruinya. Biasanya update akan muncul dalam jangka waktu yang lama dibandingkan update resminya.

4. Tidak Dapat Menggunakan Fitur di Beberapa Aplikasi.

Karena perangkat root rentan terhadap virus, malware, dan hacker, kebanyakan aplikasi akuntansi seperti gopay, ovo, dan sebagainya, menolak pengguna dengan akses root.

5. Penurunan Performa.

Dengan melakukan root, sistem operasi anda akan mendapat banyak kendala. Salah satunya adalah penurunan kecepatan.

CARA ROOT HP ANDROID

Terdapat 2 cara melakukan root hp android, yaitu:

1. Menggunakan Komputer (KINGROOT).

kingrootpc
software kingroot versi desktop

Sebelum melakukan root hp android di komputer, siapkan dulu kabel USB. Jika sudah, kamu dapat mendownload softwarenya melalui situs resmi kingroot. Atau bisa juga melalui link berikut ini. Kenapa harus KingRoot? Karena KingRoot sudah support banyak smartphone, dan saya pun sudah mencobanya tanpa kendala. Berikut adalah tahapannya:

  1. Setelah selesai download, install software tersebut di komputer.
  2. Hubungkan kabel USB pada smartphone dan komputer. KingRoot akan mendeteksi perangkat secara otomatis.
  3. Setelah muncul notifikasi, klik “root” dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah proses selesai, pesan notifikasi “Root Finished” akan muncul.
  4. Setelah selesai, lepas kabel USB pada smartphone dan komputer. Pada smartphone akan muncul menu Kingo Superuser.
  5. Selesai.

2. Tanpa Menggunakan Komputer.

Jika tidak memiliki komputer atau laptop, kamu dapat melakukan root secara langsung menggunakan hp android.

Menggunakan KingRoot:

  • Download aplikasi KingRoot.
  • Install aplikasi seperti biasanya.
  • Setelah itu, klik tombol cek untuk melakukan pengecekan. KingRoot akan mengecek apakah perangkatmu dapat di-root atau tidak.
  • Jika perangkatmu memenuhi syarat, maka KingRoot akan langsung melakukan proses root.

Menggunakan FrameRoot

  • Download aplikasi FrameRoot kemudian install.
  • Buka aplikasi tersebut, lalu pilih install supersu atau pilih superuser
  • Lalu akan muncul pilihan Aragorn dan Gandalf (karakter film Lord of The Rings). Pilih sesuai keinginan, keduanya tidak akan memengaruhi proses root.
  • Tunggu hingga proses root selesai dan muncul notifikasi pemberitahuan.
  • Jika sudah, restart smartphonemu dan pastikan aplikasi superuser dan superSU sudah muncul di menu aplikasi.

Demikianlah tutorial cara root hp android. Perlu diketahui bahwa root dapat merusak perangkat anda, jadi saya sarankan untuk tidak melakukannya kecuali untuk keperluan penting.