3 Tips Cara Memperpendek Link

3 Tips Cara Memperpendek Link

Illustration by Freepik Storyset

Cara Memperpendek Link — Link digunakan untuk mempermudah kita mengakses suatu website. Link juga bisa digunakan untuk mengubungkan suatu halaman ke halaman lainnya. Dengan adanya link, kita tidak perlu repot mengetiknya di kolom pencarian

Namun apabila menemukan link di media cetak (misalnya buku), mau tidak mau kita harus mengetiknya. Yang jadi masalah, apabila link tersebut cukup panjang, akan sangat merepotkan jika kita harus mengetiknya satu persatu. Apalagi jika link-nya seperti ini:

Link di atas adalah website dengan URL terpanjang di dunia. Siapapun tidak akan mau jika diminta untuk mengetiknya di kolom pencarian. Oleh karena itu, kita perlu memperpendeknya. Berikut adalah cara memperpendek link:

Cara Memperpendek Link

1. Cara Memperpendek Link Menggunakan Bitly

Website Bitly

Bitly adalah layanan URL Shortener untuk mengubah URL yang panjang menjadi lebih pendek. Kita juga dapat mengubah URL menggunakan nama yang mudah diingat. Contoh:

  1. https://bit.ly/3tn6Npk (link yang sudah diperpendek)
  2. https://bit.ly/URLWebsiteTerpanjangDiDunia (ini hanyalah contoh)

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Jika ingin menggunakakan link custom, ikuti langkah berikut ini:

Harga: $35/bulan

2. Cara Memperpendek Link Menggunakan Rebrandly

Website Rebrandly

Rebrandly sangat cocok untuk membuat link brand. Paket gratis memiliki 5 domain khusus. Selain itu, paket gratis Rebrandly juga memiliki batasan hingga 500 link dan dapat digunakan sebanyak 500 kali klik setiap bulannya. Berikut adalah langkah memperpendek link menggunakan Rebrandly:

Harga: $29/bulan untuk 5.000 link dan 25.000 klik

3. Cara Memperpendek Link Menggunakan TinyURL

Website TinyURL

TinyURL berguna bagi kamu yang sedang terburu-buru dan ingin memperpendek link tanpa khawatir link tersebut kadaluarsa. Selain itu, kita tidak perlu membuat akun untuk bisa memperpendek link. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Harga: $9/bulan

Catatan: 3 cara di atas dapat digunakan secara gratis. Kecuali jika kamu ingin membuat link dengan URL custom, maka harus membayar terlebih dahulu.

Itulah artikel tentang 3 cara memperpendek link. Semoga bermanfaat.