3 Tips Cara Memotong Video Online & Offline di Handphone

By

Cara Memotong Video Online & Offline di Handphone — Memotong video biasanya dapat dilakukan pada aplikasi edit video, misalnya Kinemaster. Sedangkan bagi pengguna komputer, dapat menggunakan Filmora, Adobe Premiere Pro, dan lain sebagainya.

Namun jika menggunakan aplikasi tersebut, kita harus me-render. Sederhananya, waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama. Meskipun video yang dipotong hanya beberapa menit.

Oleh karena itu, kali Carapedi akan memberikan tutorial cara memotong video online & offline di handphone dengan mudah dan cepat.

Cara Memotong Video Online & Offline di Handphone

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memotong video di Handphone. Yang sudah banyak diketahui orang adalah menggunakan aplikasi WhatsApp. Dan sepertinya saya tidak perlu menjelaskan hal tersebut.

Sebagai gantinya, saya akan memberikan 3 cara termudah dan sering digunakan lainnya. Simak penjelasan di bawah ini:

1. Menggunakan Fitur Bawaan Handphone

memotong video online
memotong video online
Fitur Edit Video Bawaan dari Oppo A11k

Beberapa jenis handphone telah dilengkapi dengan fitur edit video sederhana. Kamu dapat memotong video, mengatur kecepatan video, menambah watermark, filter teks, hingga efek khusus lainnya.

Caranya cukup buka galeri, cari video yang ingin dipotong atau diedit. Lalu tekan tombol edit. Mungkin akan berbeda di setiap handphone. Tapi jika sudah memiliki fitur seperti ini, rata-rata caranya serupa.

2. Menggunakan Aplikasi Video to Mp3 Converter

memotong video online
Aplikasi Video to Mp3 Converter

Aplikasi ini sudah dibahas sebelumnya pada artikel cara mengubah video ke audio. Ya, dari aplikasinya saja, sudah jelas fungsinya untuk mengubah file video menjadi audio. Namun aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memotong video.

Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasi Video to Mp3 Converter di Google Play Store. Atau bisa juga melalui link ini. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Video to Mp3 Converter, lalu tekan tombol Pemotong Video.
memotong video online
Menu Utama Aplikasi Video to Mp3 Converter
  • Setelah itu, tentukan dari durasi berapa, hingga ke berapa, bagian video yang diambil. Kamu dapat mengaturnya secara lebih akurat dengan menggunakan tombol  + (plus)  dan – (min).
memotong video online
  • Jika sudah, tekan tanda centang di pojok kanan atas.
  • Tentukan nama file, dan mode konversi. Ada 2 jenis mode konversi, yaitu cepat dan stabil. Mode cepat akan melakukan proses konversi dengan lebih cepat, namun durasi videonya mungkin tidak akurat. Sedangkan mode stabil dapat memberikan hasil yang lebih akurat, namun prosesnya lambat.
memotong video online
  • Terakhir, tentukan resolusi video yang diinginkan. Kamu tidak dapat menggunakan resolusi yang lebih tinggi dari video asli. Di sebelah kanan, terlihat perkiraan ukuran file yang dihasilkan.
  • Tekan tombol Convert dan selesai.

3. Menggunakan Website Online Cutter

memotong video online
Website Online Video Cutter

Kita hanya memerlukan browser. Sehingga tidak perlu menginstall aplikasi. Namun kekurangannya, cara ketiga ini dilakukan secara online. Jadi pastikan kamu memiliki koneksi internet.

Fitur yang disediakan website online cutter cukup beragam. Mulai dari menambah teks, menghapus logo, memasukkan gambar, mengubah kecepatan video, dan masih banyak lagi

Cara memotong video online di situs ini sangat mudah. Cukup kunjungi website online-video-cutter.com, lalu klik Open File  dan masukan video yang ingin dipotong. Seleksi bagian yang ingin diambil, lalu klik Save.

Jika ingin menghapus bagian yang diseleksi, klik tombol Trim/Cut sebelum menekan tombol Save.

Itulah cara memotong video online & offline di handphone. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.