3 Cara Membuat Watermark di PDF, Word dan di Video

3 Cara Membuat Watermark di PDF, Word dan di Video

Watermark banyak digunakan orang sebagai proteksi untuk melindungi sebuah dokumen agar tidak di duplikat orang lain dengan semena-mena. Dengan adanya watermark, orang bisa tahu sumber file tersebut dan juga bisa membedakan penting atau tidak file tersebut. Lalu bagaimana cara membuat watermark?

Membuat watermark tidaklah sulit, semua jenis file bisa sahabat pedi buatkan watermarknya. Seperti contohnya di artikel ini akan saya jelaskan cara bikin watermark di pdf, di Microsoft word dan juga di video.

Jika dokumen memiliki sebuah watermark, maka orang tidak akan mudah menduplikat file atau berkas tersebut. Sehingga file tetap terjaga keasliannya.

Apa itu watermark?

Watermark merupakan sebuah gambar, tulisan atau pola tertentu yang muncul di kertas atau file berbentuk bayangan dan hanya bisa dilihat pada intensitas cahaya tertentu saja.

Watermark biasanya digunakan pada uang keras, perangko ataupun dokumen tertentu untuk menghindari pemalsuan atau pembajakan file.


 

Fungsi dan manfaat watermark

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa ada banyak manfaat dan fungsi watermark. Nah beberapa manfaat watermark tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

3 cara membuat watermark

Sebenarnya, cara membuat watermark itu ada banyak sekali. Hanya saja, dalam artikel ini saya hanya akan menjelaskan 3 cara saja yang paling penting dan paling sering digunakan untuk membuat watermark.

Untuk sahabat pedi yang ingin membuat watermarrk, silahkan ikuti beberapa cara seperti berikut ini:


 

A. Cara membuat watermark di PDF

Jika sahabat pedi memiliki file dalam format pdf. Sahabat pedi juga bisa membuat watermark di file dalam format pdf tersebut. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan bantuan tools online.

Berikut saya uraikan langkah-langkah cara membuatnya dengan mudah:

cara membuat watermark

Tampilan halaman situs watermark-images.com yang akan digunakan untuk membuat watermark di pdf secara online


 

cara membuat watermark

Ada banyak jenis file yang bisa dibuatkan watermark seperti yang akan kita buat adalah pdf, maka klik pada menu watermark pdf

cara membuat watermark

Masukkan text watermark yang di inginkan di halaman ini

Klik watermark pdf, maka situs ini akan otomatis memproses watermark pada file pdf nya


 

B. Cara membuat watermark di word

Membuat watermark juga bisa dilakukan pada dokumen Word. Membuat watermark pada word bisa menggunakan text (tulisan) ataupun menggunakan image (gambar).

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat watermark pada dokumen word:

cara membuat watermark

Membaut watermark pada microsoft word baik 2010, 2013 maupun 2016 caranya tidka jauh berbeda, sama saja seperti ini

cara membuat watermark

Di menu ini sahabat pedi bisa membuat watermark di microsoft word berupa text ataupun image


 

C. Cara membuat watermark di video

Jika sahabat pedi memiliki sebuah video, agar video tersebut tidak di duplikat orang maka sahabat pedi bisa melindunginya dengan menggunakan watermark.

Membuat watermark di video bisa menggunakan berbagai aplikasi. Namun kali ini saya akan jelaskan cara membuatnya dengan menggunakan videopad.

Berikut langkah-langkah cara membuatnya: