3 Cara Membuat Banner di Photoshop, Coreldraw dan Online

3 Cara Membuat Banner di Photoshop, Coreldraw dan Online

Cara membuat banner tidaklah sulit, ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk membuatnya. Bisa dengan menggunakan photoshop, coreldraw, hingga membuatnya secara online dengan menggunakan situs desain grafis seperti canva.

Dalam dunia online, banner biasanya sering kali digunakan oleh para blogger atau para Advertiser untuk membuat iklan dan memasang nya di website yang mereka miliki.

Selain bisa kita temukan di berbagai situs online, banner juga bisa kita temukan di toko, ruko ataupun di mall. Biasanya banner di simpan di depan toko agar mudah di baca oleh orang yang lewat.

Apa itu banner?

Banner merupakan kata sederhana dari spanduk, yang mana dalam banner terdapat berbagai informasi ataupun promosi barang, jasa, pengumuman acara ataupun hal lainnya.

Jika dilihat dari bentuk dan ukurannya, banner biasanya berbentuk memanjang baik portrait maupun landscape. Biasanya orang-orang mencetak banner untuk promosi bisnis mereka menggunakan ukuran 60 cm x 160 cm.

Manfaat dan fungsi banner

Tahukah anda bahwa ada banyak sekali manfaat dan fungsi dari sebuah banner. Nah beberapa manfaat banner diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai media promosi bisnis
  2. Sebagai media pengumuman
  3. Sebagai media penawaran
  4. Sebagai media iklan sederhana

Jenis-jenis banner

Tahukah anda bahwa ada banyak jenis banner yang bisa anda temukan dengan fungsi dan tujuan pembuatan yang berbeda-beda. Nah beberapa jenis banner tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Banner website (banner online), untuk promosi iklan di tertentu
  2. X-banner, yaitu sebuah banner yang di cetak dengan menggunakan bahan kain, kertas ataupun plastik yang dipasang diluar ruangan dengan menggunakan tiang berbentuk huruf x
  3. Y-banner, yaitu merupakan sebuah banner yang sudah di cetak dengan menggunakan ukuran tertentu dan dipasang dengan menggunakan tiang berbentuk huruf Y
  4. Mini X-banner, yaitu merupakan sebuah banner yang mirip dengan x-banner, hanya saja ukuran nya yang jauh lebih kecil ketimbang x-banner
  5. Roll up banner, yaitu merupakan salah satu jenis banner yang dapat digulung, jadi ketika anda ingin menggunakannya maka anda tinggal tarik saja dati bawah ke atas, ukuran roll up banner biasanya adalah:
    1. 80 cm x 200 cm
    2. 85 cm x 200 cm
    3. 120 cm x 200 cm
    4. 150 cm x 200 cm

Bagaimana cara membuat banner?

Membuat banner bukanlah hal yang sulit untuk anda lakukan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan bahkan oleh anda yang tidak jago menggunakan aplikasi desain grafis sekalipun.

Nah untuk anda yang memang ingin tahu bagaimana cara membuat banner, silahkan anda ikuti beberapa cara seperti berikut ini:

A. Cara membuat banner dengan photoshop cs6

Cara pertama anda bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi desain grafis yaitu photoshop. Membuat banner dengan menggunakan photoshop tidaklah sulit, ikuti saja langkah berikut untuk mulai membuatnya:

cara membuat banner
Membuat halaman kerja baru di photoshop
cara membuat banner
Setting ukuran banner di photoshop cs6
cara membuat banner
Memasukkan gambar pada banner di photoshop
cara membuat banner
Masukkan tulisan pada desain banner

B. Cara membuat banner dengan coreldraw

Jika anda tidak memiliki aplikasi photoshop, maka anda bisa membuat banner dengan menggunakan coreldraw. Membuat banner dengan menggunakan coreldraw tidaklah sulit. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca juga:

  1. Tutorial membuat poster di handphone
  2. Tutorial membuat logo di coreldraw

C. Cara membuat banner online

Membuat banner secara online tidaklah sulit, anda bisa menggunakan situs canva untuk membantu anda membuat nya. Berikut adalah beberapa cara membuat banner dengan menggunakan situs canva secara online.

cara membuat banner
Halaman depan situs canva.com
cara membuat banner
Halaman desain blog banner di situs canva

Kesimpulan

Dari uraian di atas, cara membuat banner itu bisa dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu:

  1. Dengan menggunakan photoshop
  2. Menggunakan coreldraw, dan
  3. Dengan menggunakan situs canva secara online

Namun selain ke 3 cara diatas, anda juga bisa menggunakan cara lainnya seperti dengan cara membuat banner dengan power point atuapun dengan menggunakan aplikasi android.