3 Cara Amankan Akun Whatsapp Yang Di Bobol Terbaru

By

3 Cara Amankan Akun Whatsapp Yang Di Bobol

Popularitas Whatsapp memang tak diragukan lagi, pasalnya hampir seluruh orang di dunia sudah menggunakan aplikasi Whatsapp sebagai alat chatting online. Namun dengan banyaknya pengguna, maka tidak lepas juga dengan oknum-oknum peretas akun yang  tak bertanggung jawab.

Banyak modus dari pelaku yang mengatakan tindakan tersebut dilakukan agar akun bisa di pakai untuk melakukan penipuan dan tindakan kriminalitas online lainnya. Tentu ini sangat merugikan ya! Terlebih jika sudah banyak data-data privasi kita pada Whatsapp, sudah pasti mereka akan mengambil alih dan dipergunakan kepada hal yang tidak bermanfaat.

Untuk itu faktor keamanan sangatlah dibutuhkan. Apalagi kejadian pembobolan akun Whatsapp ini kian marak terdengar di beberapa media informasi. Maka, kali ini Carapedi akan memberikan cara untuk mengamankan akun Whatsapp agar tidak terjadi peretasan oleh para cyber jahat. Simak 3 Cara Amankan Akun Whatsapp Yang Di Bobol berikut :

1. Pulihkan Akun

3 Cara Amankan Akun Whatsapp Yang Di Bobol
Source : Unsplash – Whatsapp

Umumnya, ketika akun Whatsapp di retas maka akan terjadi hal-hal yang sedikit jangkal pada aktivitas Whatsapp. Seperti ada obrolan chat yang sebelumnya tidak pernah kamu lakukan, ada file yang terkirim padahal kamu tidak pernah mengirimnya dan beberapa kejadian kurang masuk akal lainnya.

Dan untuk mengatasinya, kamu perlu menginstall ulang Whatsapp tersebut dan kembali melakukan proses login dengan nomor Whatsapp sebelumya. Setelah itu masukkan kode OTP untuk verifikasi seperti biasa. Jika berhasil login, bisa di simpulkan bahwa akun WA-mu masih dalam keadaan aman. Tapi jika gagal, maka ada kemungkinan akun tersebut sedang di retas dan perlu pengamanan lebih lanjut.

2. Laporkan Pada Pihak Bantuan Whatsapp

3 Cara Amankan Akun Whatsapp Yang Di Bobol
Source : Whatsapp.com

Berkaitan dengan poin sebelumnya, apabila akun mengalami gagal ketika di pulihkan ulang. Maka ada baiknya kamu langsung melapor kepada pihak bantuan dari Whatsapp. Yaitu pada alamat e-mail [email protected]

Pihak Whatsapp sendiri memang sudah menyediakan layanan ini agar para pengguna bisa lebih nyaman terkait dengan kemanan privasi-nya. Untuk melakukanya,

Kamu cukup hubungi alamat email di atas dan jelaskan detail kronologi kejadiannya termasuk kapan kemungkinan akun di retas. Setelah itu, pihak Whatsapp akan melakukan investigasi cepat guna melenyapkan oknum yang tak bertanggung jawab tersebut.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Repost InstaStory Dan Feed Di Instagram

3. Amankan Akun Whatsapp

3 Cara Amankan Akun Whatsapp Yang Di Bobol
Source : Whatsapp Messenger

Dan jika permasalahan sudah selesai ataupun untuk kamu ingin mencegah sebelum masalah pembobolan ini terjadi. Penting untuk mengamankan akun Whatsapp dengan fitur yang sudah di sediakan oleh para pengembang.

Di sarankan untuk mengaktifkan keamanan PIN dengan cara masuk ke aplikasi Whatsapp > pilih menu Setelan > Akun > Verifikasi Dua Langkah > Lalu ikuti saja perintah untuk memasukkan PIN keamananya.

Cara ini di maksudkan agar ketika proses login, kita akan di minta kode PIN-nya terlebih dahulu. Tentu hal ini akan membuat kesulitan para cyber sebab tidak akan mengetahui kode PIN yang sudah kita setel tadi.

Bagaimana, apakah cukup jelas? Jangan panik dulu ketika akun tersebut di retas. Tenangkan diri dan ikuti beberapa langkah di atas untuk kembali mendapatkan akun Whatsapp yang terhindar dari pembobolan. Sekian dan Semoga Bermanfaat.