2 Cara Mengubah Format Video Dengan Mudah

By

'

Kalian pasti tahu bahwa format video itu memiliki berbagai macam, seperti MKV, MP4, WMV, WAV, dan sebagainya. Namun sayangnya tidak semua device memiliki fitur yang bisa membuka semua formatnya. Seperti pada TV/DVD, biasanya hanya dapat memutar video dengan format MP4. Dan juga ketika melakukan editing foto di Adobe Premier Pro, hanya dapat menerima format MP4, dan WAV saja. Tidak menerima format MKV. Jadi kita membutuhkan cara mengubah format video agar bisa melanjutkan aktivitas kita.

Oleh karena itu, saat ini tersedia aplikasi baik online atau offline yang dapat mengubah format video yang kita miliki menjadi format video yang kita inginkan selanjutnya. Apabila kalian ingin mengubah format video dengan cara cepat tanpa ribet ke MP4, mungkin bisa lakukan dengan cara upload video ke youtube dan download kembali dari youtube ke pc menggunakan website https://en.savefrom.net/. Dan apabila ingin mengubah ke format lain, bisa gunakan software pada komputer atau bisa secara online.

Cara Mengubah Format Video Secara Offline Menggunakan Software

Aplikasi untuk mengubah format video secara offline yaitu menggunakan aplikasi Format Factory. Aplikasi ini sudah lama muncul dan aplikasi paling berguna untuk mengubah format video dengan apa yang kita inginkan. Fiturnya pun banyak dan tampilan pada aplikasinya sangat sederhana sehingga kita bisa menggunakannya dengan mudah. Aplikasi ini juga tidak terlalu berat sehingga tidak akan membebankan pada laptop atau komputer kalian.

Cara mengubah format video pada Format Factory yaitu:

  • Buka aplikasi format Factory
  • Lalu pilih format ang diinginkan.
  • Setelah itu tambahkan file video yang akan diubah format videonya.
  • Apabila sudah menambahkan, tinggal klik Ok.
  • Lalu klik Mulai pada bagian menu bar di atasnya.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai.

Dan apabila ingin mencari formatnya, kalian bisa cek di D:\FFOutput atau bisa cek dibagian tab Keluaran untuk melihat filenya disimpan dimana. Dan bisa juga menekan tombol F2 dengan cara cepatnya.

Cara Mengubah Format Video Secara Online

Apabila kalian ingin melakukan pengubahan format video secara online, bisa kalian coba dengan mengunjungi website online-convert.com. Website ini menyediakan coverter berbagai macam selain menconvert/mengubah format video, yaitu audio converter, image converter, document, ebook, archive dan bahkan has generator. Oleh karena itu situs ini sangat rekomendasi apabila kalian ingin mengubah format file apa pun.

Cara mengubah format video secara online melalui online-convert.com

  • Buka situs https://online-convert.com/.
  • Lalu pilih format yang diinginkan. Ada banyak pilihan seperti convert ke 3GP, MKV, FLV, MP4, MPEG-1, WEBM, dan lain sebagainya.
  • Setelah memilih format, kamu tinggal upload video yang akan di convert.
  • Dan klik Convert file apabila videonya sudah di pload. Kamu tinggal menunggu proses convert.
  • Apabila prosesnya sudah selesai, video yang telah diconvert bisa kamu download langsung atau bisa diupload juga secara langsung ke Google Drive atau Dropbox.

Situs ini pun memiliki fitur untuk memperkecil size video, atau juga bisa mengubah bitrate, audio track dan frame rate. Jadi kamu bisa sesuaikan saja sesuai selera kalian.

Demikian cara mengubah format video dengan mudah menggunakan software secara offline atau pun melalui situs secara online. Apabila ada kendala saat menggunakannya, bisa kalian tanyakan saja pada kolom komentar yang telah disediakan.