2 Cara Membuat Use Case Diagram di Umlet dan Online

2 Cara Membuat Use Case Diagram di Umlet dan Online

Use case diagram merupakan sebuah interaksi yang berlangsung antara aktor dan juga sistem. Cara membuat use case diagram sangat mudah, kita bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi umlet ataupun membuatnya secara online melalui berbagai situs yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

Meski cara membuatnya begitu mudah, namun masih banyak orang yang belum mengerti langkah dan cara bikin use case diagram ini. Maka dari itu, kali ini saya akan coba sedikit menjelaskan nya.

A. Cara Membuat Use Case Diagram di Umlet

Umlet adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat use case diagram. Ada banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk membuat use case, namun umlet adalah salah satu aplikasi yang paling mudah digunakan.

1) Langkah Cara Membuat Use Case Diagram

Untuk membuat use case diagram dengan menggunakan umlet ini sangat mudah sekali. Berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

2) Komponen Use Case Diagram

Ada beberapa komponen yang dapat digunakan dalam use case diagram, yaitu:

3) Relasi Dalam Use Case

Selain memiliki beberapa komponen, dalam use case diagram juga terdapat beberapa relasi, yaitu:

B. Cara Membuat Use Case Diagram Online

membuat use case diagram juga bukan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi offline saja. Kamu juga bisa loh membuatnya secara online dengan menggunakan situs khusus.

Bagi beberapa orang hal ini tentu masih terlalu asing, namun cara membuatnya sangat mudah kok. Bahkan tidak kalah mudah dari cara di point A dengan menggunakan umlet.

1) Buka Halaman Visual Paradigm

cara membuat use case diagram

Halaman Situs Visual Paradigm Online

Di internet ada banyak situs yang dapat digunakan untuk membuat use case diagram. Namun saya memilih untuk menggunakan visual paradigm karena lebih simpel dan memiliki tampilan interface yang lebih user friendly.

2) Pilih Use Case Digram

cara membuat use case diagram

Daftar Diagram Software yang Ada di Visual Paradigm Online

Pada tampilan halaman berikutnya, kamu akan di hadapkan dengan beragam jenis diagram online yang dapat kamu pilih. Karena kita akan membuat use case diagram, maka pilih use case diagram.

3) Mulai Buat Use Case Diagram

cara membuat use case diagram

Halaman Desain Use Case Diagram Online

Pada tahapan selanjutnya, kamu tinggal mulai membuat use case diagram sesuai dengan kebutuhan.

4) Simpan

cara membuat use case diagram

Simpan Use Case Diagram

Jika use case diagram sudah selesai kamu desain dengan baik, maka selanjutnya tinggal kamu simpan.

Nah itulah 2 cara membuat use case diagram dengan menggunakan aplikasi umlet dan juga membuatnya secara online. Silahkan kamu pilih salah satu cara yang menurut kamu paling mudah.