2 Cara Membayar Denda Tilang Secara Online

2 Cara Membayar Denda Tilang Secara Online

Semenjak berlakunya tilang elektronik atau ETLE secara nasionalm pelanggaran lalu lintas dideteksi oleh CCTV, dan juga pembayaran tilang bisa dilunasi secara online.

Itu sebabnya, jangan heran kalau suatu hari kamu mendapati surat konfirmasi penilangan dari polisi dengan bukti video pelanggaran yang kamu lakukan.

Saat menerima surat itu, kamu sebagai pemilik kendaraan harus memastikan, apakah kendaraan tersebut memang milik kamu atau ternyata bukan. Jika bukan, maka kamu harus memberitahukan kepada pihak polisi mengenai hal tersebut.

Dan apabila kamu memastikan bahwa kamu telah melanggar, kamu harus membayar denda sesuai dengan pelanggaran yang telah kamu lakukan.

Jumlah denda yang ditetap mulai dari Rp.100.000,- sampai Rp.1.000.000,- tergantung dari jenis pelanggaran yang kamu lakukan. Misalkan pelanggaran ringan yang tidak kamu lakukan yakni tidak menyalakan lampu seni ketika mau berbelok arah, dan juga denda paling besar adalah kamu tidak memiliki SIM saat berkendara.

Jika sudah terkena tilang, kamu dapat membayar denda tersebut ke kejaksaan atau bisa juga melalui daring seperti berikut ini.

Cara Membayar Denda Tilang Secara Online

Sebelum melakukan denda, kamu perlu mengecek dulu besaran denda yang akan kamu bayar. Tahapan untuk mengecek besaran denda yaitu:

Setelah kamu mengetahui jumlah denda yang harus dibayar, kamu dapat membayarnya melalui transfer bank atau pun melalui Tokopedia.

Apabila ingin membayar melalui transfer bank seperti BRI, BNI, Mandiri, dan sebagainya. Berikut langkah-langkahnya.

Apabila ingin membayar melalui tokopedia kamu bisa ikuti cara berikut ini.

Nah, begitulah 2 cara membayar denda tilang secara online melalui transfer bank ataupun tokopedia. Semoga bermanfaat dan memudahkanmu dalam mengurus surat tilang.