10 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Pemula

10 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Pemula

Hosting adalah rumah bagi sebuah website, dimana anda akan meletakkan semua file web kedalamnya. Sebagai seorang blogger yang akan membuat sebuah website maka penting sekali rasanya jika anda memperhatikan hosting sebelum mulai menggunakannya. Nah untuk mempermudah anda mencari hosting terbaik, berikut saya tulis beberapa tips memilih hosting terbaik.

Memilih hosting website memang penting sekali dilakukan. Tujuannya tiada lain adalah agar website yang dibuat menjadi website yang bagus dan handal.

Dalam memilih hosting, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Nah berikut ini saya uraikan 10 hal yang harus anda perhatikan ketika anda memilih sebuah hosting.

1. Ketahui kebutuhan anda

Hal pertama yang harus anda ketahui dan harus anda lakukan, ada harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan hosting anda. Pastikan bahwa hosting yang anda pilih dan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

2. Pilih hosting performa bagus

Sebelum memilih layanan hosting yang akan digunakan, alangkah baiknya anda pastikan terlebih dahulu kualitas performa hosting yang akan digunakan.

Ini merupakan bagian utama yang paling penting sekali untuk anda perhatikan agar website anda bisa di akses dengan mudah. Jangan sampai ketika anda memilih hosting, website yang anda buat menjadi memiliki berbagai masalah teknis terkait hosting yang anda gunakan.

Untuk memastikan kualitas performa hosting yang bagus, ada beberapa indikator yang harus anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

3. Layanan suport 24 jam

Tips memilih hosting selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih hosting yang memiliki layanan suport 24 jam. Layanan suprt sangat penting sekali dimiliki oleh jasa hosting. Karena hosting yang kita sewa tidak akan lepas daripada masalah teknis.

Jadi ketika ada masalah teknis terkait dengan hosting yang kita gunakan ada layanan suport yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan mengatasi masalah hosting kita tersebut.

4. Harga terjangkau

Harga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Ketika anda sewa hosting pastikan harganya sesuai dengan budget yang anda miliki.

Namun kendati demikian harga memang selalu setara dengan kualitas yang ditawarkan. Misalnya, harga cloud hosting pasti akan beda dengan harga VPS hosting.

Hal ini akan nampak wajar karena beda kualitas tingkat hosting nya. Bukan itu saja, kapasitas sebuah hosting juga mempengaruhi harga hosting itu sendiri.

Untuk mendapatkan hara termurah dan terbaik, anda bisa membedakan antara jasa hosting yang satu dengan jasa hosting yang lainnya. Bandingkan dari sisi layanan dan harga yang ditawarkan masing-masing provider hosting.

5. Kapasitas hosting

Kapasitas hosting menjadi salah satu hal yang juga harus diperhatikan ketika memilih layanan hosting. Kapasitas hosting akan menentukan seberapa besar resource hosting yang akan digunakan.

Saya sarankan, pilih dan gunakan layanan hosting yang memberikan kapasitas hosting yang unlimited. Hosting unlimited bisa menampung data web lebih banyak. Sehingga anda bisa lebih leluasa menyimpan data ke web anda.

6. Tersedia garansi

Garansi merupakan salah satu layanan terbaik yang dimiliki oleh pemilik jasa hosting. Dengan adanya layanan garansi menandakan bahwa pemilik jasa hosting berani menjamin bahwa layanan hosting nya memang bagus dan berkualitas.

Sebagai pelanggan anda tentu akan merasa diuntungkan dengan adanya layanan garansi ini. Bagaimana tidak, ketika anda merasa layanan hosting nya tidak memuaskan anda bisa melakukan klaim garansi.

Hampir setiap jasa hosting memiliki layanan ini, baik jasa hosting lokal maupun luar negeri. Namun setiap pemilik jasa hosting memiliki layanan garansi. Namun mereka biasanya memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

7. Perhatikan fitur-fitur nya

Fitur yang ada dalam hosting juga penting sekali anda perhatikan. Semakin lengkap fitur yang dimiliki oleh layanan hosting maka semakin bagus pula hosting yang akan anda dapatkan.

Sebagai orang yang akan menggunakan layanan hosting, anda tentu harus paham dengan baik berbagai fitur yang wajib dimiliki oleh hosting yang akan anda gunakan.

Nah berbagai fitur yang harus dimiliki oleh layanan hosting diantaranya adalah sebagai berikut:

8. Adanya SSL

SSL (Secure Socket Layer) merupakan salah satu fitur proteksi protokol yang bagus digunakan. Kartika anda menggunakan layanan hosting pastikan hosting yang anda gunakan memberikan layanan SSL ini.

Ketika anda menggunakan SSL maka URL website anda nantinya akan di wakili dengan https bukan http. SSL juga berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimization).

9. Lokasi server

Nah ini juga sangat penting sekali loh. Ketika memilih jasa hosting maka anda harus memastikan lokasi server hosting yang akan anda gunakan. Pilih server hosting sesuai dengan target market web yang akan anda buat.

Jika anda akan membuat web dengan target market lokal maka pilih dan gunakan server hosting yang ada di Indonesia saja. Namun jika target market anda adalah luar negeri maka pilih dan gunakan layanan hosting bule atau dari luar negeri.

Beberapa contoh hosting yang ada di Indonesia diantaranya adalah:

Adapun beberapa jenis hosting luar negeri adalah seperti:

10. Testimoni para pengguna

Ketik anda memilih dan menggunakan jasa hosting maka anda harus memastikan bahwa orang yang pernah menggunakan layanannya puas dengan services yang diberikan jasa hosting tersebut.

Anda bisa melihatnya dari beberapa review para pengguna yang pernah menggunakan jasanya. Biasanya di berbagai forum di bahas mengenai hal ini.

Nah itulah beberapa tips memilih hosting yang bisa anda gunakan untuk menemukan jasa hosting terbaik. Silahkan anda pilih dan gunakan semua tips diatas.