10 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

By

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak – Apakah kamu memliki laptop? Apakah laptop yang kamu gunakan mudah rusak? Laptop mudah rusak mungkin karena kamu tidak pernah merawat laptopnya dan hanya menggunakannya saja tanpa mempedulikan kesehatan dari laptop yang kamu pakai.

Layaknya seperti peliharan laptop juga harus dirawat loh. Merawat laptop juga merupakan hal yang cukup penting karena jika kamu tidak merawatnya laptop yang kamu gunakan yang ada malah cepat rusak, sehingga harus mengeluarkan dana untuk memperbaikinya. Hal itu tidak mau terjadi pada laptop kamu kan. Pada kesempatan carapedi.id akan membahas cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Mari simak dibawah ini.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Jauhkan Laptop dari Benda Cair

caroline attwood RC26uHDOZ4c unsplash
Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Ketika menggunakan laptop sebaiknya jauhkan dari benda yang cair. Cara merawat laptop yang ini mungkin hal yang sepele tetapi sangat berbahaya bagi laptop jika kamu tidak hati-hati. Jika laptop terkena percikan ataupun tumpahan dari benda cair seperti minuman, apalagi mengenai daerah sekitar keyboard dan masuk ke bagian dalam laptop maka akan mengalami kerusakan. Jadi sebaiknya jangan menaruh benda cair seperti minuman dekat dengan laptop ya.

Hindari  Menggunakan Laptop di Tempat dengan Permukaan yang Lembut

andrew neel wClUbRMCBD8 unsplash 1
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Cara merawat laptop selanjutnya yaitu jangan menggunakannya di atas permukaan yang lembut. Terkadang kita sering menggunakan laptop dengan menaruhnya diatas kasur ,selimut ataupun bantal. Sebenarnya hal tersebut sebaiknya jangan dilakukan karena menggunakan laptop diatas kasur ataupun di tempat dengan permukaan lembut lainnya dapat menghambat sirkulasi udara di dalam laptop. Akibatnya laptop akan menjadi cepat panas atau overheat.

 Jangan Menaruh Barang di Atas Laptop

jaz king DOoYFgTQWfs unsplash
Photo by Jaz King on Unsplash

Kebiasaan menaruh barang apalagi yang cukup berat seperti menumpuk buku di atas laptop ternyata dapat membuat laptop mengalami masalah loh. Menaruh barang di atas laptop bisa membuat layar pada laptop mengalami kerusakan yang cukup serius. Jika hal itu terjadi kamu mengeluarkan yang cukup mahal untuk memperbaiki layar LCD laptop. Jadi hindari kebiasaan menaruh barang di atas laptop ya.

 Bersihkan Laptop Secara Rutin

Membersihkan laptop terkadang jarang dilakukan oleh orang-orang karena males, apalagi membersihkan bagian dalam laptop karena harus membongkar bagian penutupnya. Nah sebaiknya kamu mulai dari sekarang untuk rajin dan rutin membersihkan laptop ya. Kamu bisa membersihkan bagian dalam maupun luar, untuk bagian luar kamu bisa membersihkan bagian tombol keyboard yang biasanya banyak debu menempel pada bagian ini. Kamu bisa membersihkannya mengunakan kuas halus. Untuk bagian layar biasanya juga kotor akibat debu, tentu hal ini dapat membuat kamu tidak nyaman dan merasa terganggu ketika menggunakan laptop. Kamu juga bisa membersihkan bagian layar dengan menggunakan tisu atau menggunakan cairan khusus untuk membersihkan layar.

Bagian dalam ini cukup sulit karena perlu membuka penutupnya terlebih dahulu, setelah penutupnya terlepas kamu bisa membersihkan debu yang menempel dengan kuas lakukan secara perlahan dan hati-hati. Hal seperti ini harus kamu lakukan demi menjaga kebersihan dan kinerja dari laptop itu sendiri. Jadi jangan malas ya.

Jangan mengunduh secara sembarang

sigmund uo8Jfqdzs18 unsplash 1
Photo by Sigmund on Unsplash

Yap, internet memang menyediakan banyak sekali lagu, gambar, video maupun aplikasi. Namun mengunduh di internet sebaiknya tidak boleh sembarang karena bisa saja terdapat virus pada file yang kamu unduh pada internet.

Rajin membersihkan penyimpanan laptop

clean 1

Membersihkan bukan berarti mencucinya dengan deterjen ya. Tapi membersihkan sampah-sampah  maupun dokumen yang nganggur ataupun tidak terpakai sama sekali untuk memaksimalkan kinerja laptop. Cara merawat laptop yang satu ini harus rutin kamu lakukan ya.

Menggunakan Cooling Pad

Menggunakan cooling pad merupakan salah satu cara merawat laptop agar tidak rusak. Sebelumya emang apa sih cooling pad itu? Cooling pad adalah alat yang fungsinya sebagai mendinginkan laptop dari suhu panas. Harganya juga cukup beragam. Saya sarankan untuk kamu membeli yang sesuai isi dompet saja.

Bagi kamu yang sering menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama seperti mengerjakan tugas apalagi bermain game, disarankan untuk mengunakan cooling pad agar menjaga suhu laptopnya tidak terlalu panas.

Matikan laptop sesuai aturan

Seringkali karena malas kita mematikan laptop tidak sesuai caranya, seringkali kita mematikan laptop langsung menggunakan tombol power. Nah, gara-gara ini Hardware bisa jadi bermasalah dan membuat kesehatan dari laptop menurun.

Menggunakan laptop di permukaan yang datar

heylagostechie 7d4LREDSPyQ unsplash 1
Photo by heylagostechie on Unsplash

Permukaan yang datar bisa mencegah laptop dari kerusakan , usahakan untuk selalu menggunakan laptop di permukaan datar seperti meja. Jangan mencoba menggunakan permukaan yang lembut seperti kasur karena dapat menutup sirkulasi udara pada laptop sehingga mudah panas.

Menggunakan tas khusus laptop

andrew neel Kqc mLtLQls unsplash 1
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Tas khusus laptop dapat menghindari laptop kamu dari benturan ataupun guncangan. Dengan begitu resiko laptop akan berkurang.

Nah itulah cara merawat laptop agar tidak cepat rusak, cara-cara diatas tadi boleh kamu lakukan pada laptop kamu agar tidak cepat rusak.

Merawat laptop merupakan hal yang sangat penting agar umur laptop lebih panjang, jadi jangan malas untuk melakukan perawatan pada laptop kamu.